KEJENUHAN BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WAWONII UTARA

Wulandari Saputri, Pairin Pairin, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kejenuhan belajar PAI, aktivitas belajar PAI dan metode pembelajaran guru PAI mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Wawonii Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian bertindak langsung mengumpulkan data hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Penilitian mnemukan di lapangan bahwa (1) 15 orang siswa yang mengalami kejenuhan belajar PAI seperti siswa yang tidak fokus saat pembelajaran berlangsung diantaranya siswa tidak memperhatikan pembelajaran, kurang berpartisipasi kegiatan pembelajaran, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, sering terlambat masuk kelas serta metode yang digunakan guru PAI kurang bervariasi sehingga membuat siswa jenuh saat pembelajaran berlangsung. (2) Siswa menunjukkan perilaku yang mengganggu, seperti membuat keributan, mengobrol dengan teman sebangkunya, melamun atau bahkan keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung. (3) Guru PAI menggunakan metode ceramah yang diselingi dengan metode Tanya jawab yang divariasikan dengan cerita lucu dan kadang-kadang mengubah tempat duduk siswa ketika mereka mulai tidak fokus dan bercerita dengan teman sebangkunya, selain itu guru PAI juga menggunakan metode diskusi kelompok yang divariasikan dengan pemberian reward berupa nilai tinggi kepada kelompok yang berhasil menjawab pertanyaan kelompok lain

Keywords


Kejenuhan Belajar; PAI; Aktivitas Belajar; Metode Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In CV. Pusdikra MJ. CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Aviva, L., Muhammad, D. H., & Halili, H. R. (2022). Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Siswa SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 478–489.

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2745–6080, 1–10.

EFENDI, R., & GUSTRIANI, D. (2020). MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH DASAR. Penerbit Qiara Media.

Erminsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).

Fahyuni, E. F., & Istikomah. (2014). Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif Page i. Nizamia Learning Center.

Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Hikmah Hikmah, Abdul Qodir, & Nurul Wahdah. (2022). Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar: Apakah Efektif dalam Mengembangkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 340–358.

Irawan, V. W. E. (2019). Peranan Kecerdasan Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Munaqasyah Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 33–47.

Lisman, L., Zainab, K. S., & Wicaksono, H. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di MTs Al-Maarif Banyorang.

Hanina, P., Faiz, A., Yuningsih, D. (2020). Upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di masa pandemi.

Rafiq, M., & Najah, F. (2023). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Al-Ibrohimiy Sentol Daya Sumenep. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(1).

Rizaq, M. (2022). Family As Children’s First Education; the Role of Parents in the Development of Islamic Religious Education for Elementary School Age Children. Al-Risalah, 13(1), 184–208.

Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217.

Vitasari, I. (2016). Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Kesepian Dan Kontrol Diri Siswa Kelas Xi Sman 9 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 7 Tahun Ke-5 2016 Masalah, 60–75.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v5i1.8785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats