TELA’AH PENGAMALAN AYATUL HIRZI (STUDI LIVING QUR'AN DI PONDOK PESANTREN KASYIFUL ULUM KENDARI)

Qubaela Alfaeni, Aminuddin Aminuddin, Abdul Gaffar, Muh. Ikhsan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini tentang pengamalan a>yātul h}irzi (Studi Living Qur’ān di Pondok Pesantren Kasyiful Ulum Kendari) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, a>yātul h}irzi adalah amalan wajib bagi santri Pondok Pesantren Kasyiful Ulum Kendari yang tersusun dari beberapa ayat-ayat dalam surah al-Qur’ān yang diyakini dapat menjadi proteksi bagi diri santri, anggota keluarga,  dan  seluruh  hal  yang  memiliki  hubungan  erat  oleh  santri. Kedua, Manfaat memberi ketenangan jiwa santri, menjauhkan diri dari maksiat, menjaga diri dan keluarga dari hal-hal yang tidak diinginkan, menjaga harta, menjauhkan diri dan sifat amarah, menjadi obat dan ruqyah, dan menyambung robitoh (sambung hati) kepada para kiai/guru.

Kata Kunci: Āyātul Ḥirzi , Living Qur’ān, Pondok Pesantren

References


Referensi

Abdurrohim. Anwar Mughits. dkk. (2017). Keutamaan Āyātul Ḥirzi: Meliputi Ayat Al- Qur’ān , Dzikir, Doa’ &Shalawat. Temboro-Karas-Magetan-Jatim: Pustaka Al-Barakah.

Arnus, Sri hadija, dan Tim Penyusun. (2019). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah IAIN Kendari. Kendari.

Darmalaksana, Wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darul Ulum Al-Fatah. 2018. Ayatul-Hirzi. Temboro- Karas- Magetan- Jatim: Maktabah Al-Barokah.

Kemenag. (2006). Al- Qur’ān dan Terjemah. Jakarta: CV Pustaka Agung Harapan.

Muhtador, Moh. (2014). Pemaknaan ayat al- Qur’ān dalam Mujahadah: Studi Living Qur’ān di PP Al-Munawwir Krapyak Komplek Al-Kandiyas. Jurnal Penelitian, Vol.8, No. 1 Februari.

Murni, Dewi. (2016). Paradigma umat beragama tentang Living Qur’ān(Menautkan antara Teks dan Tradisi Masyarakat). Jurnal Syahadah. Vol. IV, No. 2 Oktober.

Noffiyanti. (2020). Marah dan Penyembuhan dalam al-Qur’ān (Perspektif Bimbingan dan Konseling Islam). Jurnal Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 5, No 2.

Rohmah, Umi Nuriyatur. (2018). Penggunaan Ayat-ayat Al-Qur’ān dalam Ritual Rebo Wekasan Studi Living Qur’ān di Desa Sukoreno Kec. Kalisat Kab. Jember. Jurnal Al-Bayan.

Syaikhu Z, M. Assyafi’. (2017). Karomahan (Studi Tentang Pengamalan Ayat-Ayat Al- Qur’ān Dalam Prakter Karomahan di Padepokan Macan Putih Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk). IAIN Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v1i1.3315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EL MAQRA' : TAFSIR, HADIS DAN TEOLOGI



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter