TRADISI PEMBACAAN SURAT AL-MU'MINUN (STUDI LIVING QUR'AN PADA PONDOK PESANTREN DARUSSALAM GONTOR 4)

Edy Nor Sobah, Nimatuz Zuhrah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian living Qur’an yang merupakan bagian dari penelitian dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, prosesi, dan fungsi serta manfaat dari Tradisi Pembacaan  Surat  al-Mu’minu>n   di  Pondok  Pesantren  Darussalam  Gontor Putri 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan ilmu tafsir. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tradisi Pembacaan Surat al- Mu’minu>n  di Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri 4 hanya dilakukan apabila hujan turun menjelang acara besar atau ketika ada tamu istimewa. Tradisi ini pada mulanya dilakukan serentak di dalam masjid, namun pada tahun 2019 tradisi ini diubah, hanya beberapa santriwati saja yang ditunjuk untuk melaksanakan tradisi tersebut. Tradisi ini berfungsi untuk memohon kelancaran acara, keberkahan acara, dan perlindungan dari berbagai macam gangguan, manfaat dari tradisi ini adalah acara menjadi lancar, mempererat Ukhuwah antar santriwati, memperlancar bacaan Al-Qur’an para santriwati, dan menentramkan hati para santriwati. Secara garis besar tidak ada dalil terkait tradisi tersebut, baik dalam hal latarbelakang, prosesi, maupun fungsi, namun tradisi ini merupakan bentuk tawassul untuk kepentingan hajat yang akan dilaksanakan.

Kata Kunci: Living Qur’an, Tradisi, Surat al-Mu’minu>n


Full Text:

PDF

References


Referensi

Ahimsa-Putra, Heddy Shri. (2012). “The Living Al-Qur’an: Beberapa Perspektif Antropologi” dalam Walisongo Walisongo Walisongo Walisongo, Volume 20, No. 1 (hlm. 253-260)

Al- Bukhārī, Muḥammahd bin Ismā’īl. (1987). Al-Ṣahīh Al- Mukhtaṣar. Beirut: Dār- Ibn Kaṡīr.

. (1987). Shahih Bukhari, Beirut: Dar Ibnu Katsir

Al-Qurt}ubi>, Syaikh Imam. (2012). Al-Ja>mi‘ Liah}ka>m al-Qur’a>n. Jakarta: Pustaka Azzam.

Al-Zuhaili, Wahbah. (2005). Tafsir al-Munir. Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. Depok: Gema Insani

Amin, M. (2014). Tradisi Dalam Budaya Dan Islam. Ttp.Tp

Assingkily, Muhammad Shaleh, dkk. (2020). Living Qur’an Dan Hadis Di Mi Nurul Ummah (Rutinitas, Ritual Ibadah Dan Pembinaan Akhlak). Dalam Jurnal AR- RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar vol. 4, no. 1 (hal. 28-51)

Azizah, Rochmah Nur. (2016). Tradisi Pembacaan Surat Al-Fatihah dan Al-Baqarah.

Skripsi ini dipublikasikan. STAIN Ponorogo.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Dalam Jurnal Mediator vol. 9 no. 1 (hal. 163- 180)

Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. www.researchgate.net

Hidayatullah, Ahmad, Syamsul Bakhri. (2021). Dekonstruksi Karakter Drupadi Dalam Pewayangan (Studi Gender Dan Living Qur’an Mengenai Poliandri). Dalam Jurnal Sosiologi Reflektif, Volume 15, No. 2, (hal. 424-445)

Huda, Nur, Athiyyatus Sa’adah Albadriyah. (2020). Living Quran: Resepsi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Husna Desa Sidorejo Pamotan Rembang. Dalam Al- Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman vol: 8 no.3 (hal. 328-376)

Ibnu Hasyim, Ali Hisyam. (2016). Sejuta Berkah dan Fadhilah 114 Surat Al-Qur’an.

Jakarta Selata: Sabil

Ibn Hanbal, Ahmad ibn Muhammad. (1998). Musnad Ahmad ibn Hanbal, Beirut: Alimul Kitab

Ibn Kas|ir, Ismail ibn Umar Al-Quraisyi. (2017). Tafsir al-Qur’a>n al-‘Az}i

Irawan, Ferdiansyah. (2017). Penggunaan Ayat Alquran Dalam Pengobatan Alternatif (Studi Living Quran Pada Praktik Pengobatan Alternatif Patah Tulang Ustadz Sanwani Di Ds. Mekar Kondang-Tangerang). Skripsi ini dipublikasikan. Universitas Islam Negeri “SMH” Banten

Junaedi, Didi. (2015). “Living Qur’a>n: Sebuah Pendekatan Baru dalam Kajian Al- Qur’a>n (Studi Kasus di Pondok Pesantren As-Siroj Al-Hasan Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon)” dalam Journal of Qur’a>n and H}adi@th Studies – Vol. 4, No. 2 (hlm. 169-190)

Kementerian Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT Tehazed. Mansyur, M, dkk. (2007). Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis.

Yogyakarta: TH-Press

Misbahuzzulam. (2014). “Deskripsi Tawassul Dan Hukumnya” Dalam jurnal Al Majaalis Vol. 2 N. 1 (hlm. 133-160)

Muhammad ibn Isa Abu Isa al-Tirmidzi. al-Jam’u Shahih Sunan al-Tirmidzi, Beirut: Daru Ihyai Turats al-Arabi

Muslim ibn al-Hajjaj ibn Muslim ibn Kausyaz al-Qusyairi an-Naisaburi, Shahih Muslim, Beirut: Daru Ihyai Turats al-Arabi

Rahman, Syahrul. (2016). “Living Quran: Studi Kasus Pembacaan al-Ma’tsurat di Pesantren Khalid bin Walid Pasir Pengaraian Kab. Rokan Hulu” dalam Jurnal Syahadah Volume 4, no. 2 (hlm. 49-71)

Shihab, Quraish. (2012). Al-Lubab. Tangerang: Penerbit Lentera Hati

. (2013). Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati.

Siyoto, Sandu, Ali sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing

Sofiah, Iah. (2019). Tradisi Semaan Dan Tilawah Al-Qur’an (Studi Living Quran di Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis). Skripsi ini dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v1i2.3602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EL MAQRA' : TAFSIR, HADIS DAN TEOLOGI



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter