PEMAKNAAN KONSEP AHSAN TAQWIM (SUATU KAJIAN TAHLILI PADA Q.S AT-TIN/95:4)

Syahputri Wulan Pratiwi, Muh. Syahrul Mubarak

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudul ‚Pemaknaan Konsep Ah}san Taqwi>m‛. Penelitian ini bermaksud untuk melakukan pemaknaan kembali mengenai konsep Ah}san Taqwi>m yang terdapat pada  Q.S  al-Ti>n/95:4.  Dari  segi  penafsiran  dalam  literatur  tafsir  dan  sebagian  besar ulama-ulama Indonesia, menjelaskan makna Ah}san Taqwi>m pada kondisi fisik manusia yang sempurna dan bergerak sesuai fungsinya. Namun, pada realitasnya tidak semua manusia terlahir dan memiliki kondisi fisik sempurna (difabel). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Q.S al-Ti>n/95:4, memaknai konsep Ah}san Taqwi>m dalam al-Qur’an, memaknai konsep Ah}san Taqwi>m terhadap kondisi masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian  pustaka,  dengan  data  primer  Surah  al-Ti>n/95:4  didukung  dengan  beberapa data sekunder dari berbagai literatur. Data tersebut dikaji menggunakan metode tafsir tahli>li. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa makna konsep Ah}san Taqwi>m tidak tepat jika dipahami sebagai ungkapan sebaik-baik bentuk, terbatas hanya dalam pengertian fisik. Karena anugerah Allah Swt., bukan hanya terletak pada fisik, melainkan wujud syukur dengan memaksimalkan penghambaan kepada Allah Swt. Terkait dengan relevansinya dengan masa kini, sebagian besar manusia yang memiliki keterbatasan fisik, jauh lebih semangat dalam menjalani hidup dan beribadah kepada Allah Swt. Hal ini menunjukkan bahwa walaupun manusia memiliki kondisi fisik yang tidak sempurna tetap termasuk manusia Ah}san Taqwi>m. Oleh karena itu, pemaknaan konsep Ah}san Taqwi>m yang peneliti temukan, tidak lagi berbicara mengenai fisik saja. Melainkan hati yang senantiasa bersyukur kepada Allah Swt., sebagai pencipta dan memaksimalkan segala pemberian Allah Swt., terhadap dirinya.

Kata Kunci: Ah}san Taqwi>m, Q.S al-Ti>n/95:4, Pemaknaan

Full Text:

PDF

References


Referensi

Ahmad, R. R. (2020). Makna Hijrah dalam Al- qur’an dengan Kajian Semantik Toshihiko Izutsu skripsi. 1.

Al-Munawar, S. H. (2002). Membangun Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pres.

Al-S{abuni>, M. (1987). Pengantar Study Al-qur'an (at-tibyan). Bandung: Al-ma'arif.

Al-Qurtu>bi>, Syekh Imam. (2012). Al-Jami' Liahkam al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Azzam. Al-T{aba>ri>, Abu Ja‟far Muhammad bin Jarir. (2019). Tafsir At-Thabari. Jakarta: Pustaka

Azzam.

Al- Farmawi, Abdul Havy. (1994). Metode Tafsir Maudu'i. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Al-Maraghi, Ahmad Mushtafa. (1987). Tafsir Al-Maraghi (Abubakar, Umar Sitanggal, Noer Aly, penjmh) Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang.

Abdurrahman, as-Sa'di Nashir. (1426). Tafsir Al-Qur'an. Jakarta: Darul Haq.

'Abd al-Baqi, Muhammad Fuad. (1364). Al-Mu'jam al-Mufahras Li al-Faz al-Qur'an.

Qahirah: Dar al-Kutub al- Misriyyah.

As-suyuthi, Imam. (2014). Asbabun Nuzul. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Baidan, Nasaruddin. dan Aziz, Ermawati. 2016. Metodologi Khusus Peneletian Tafsir.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Efendi, N., & Fathurrohman, M. (2016). Studi Al-Qur'an Memahami Wahyu Allah Secara Lebih Integral dan Komprehensip. Depok Sleman Yogyakarta: Kalimedia.

Eko, A. M. (2019). Fenomena Hijrah Era Milenial ( Studi tentang Komunitas Hijrah di Surabaya ) Program Studi Agama-Agama Fakultas Ushuludin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fahruddin, (1992). Ensiklopedia Al-Qur'an. Jakarta: PT Renika Cipta

Hajar ibnu imam. (2014). Sejarah Agama dalam al-Qur’an; Dari Sederhana Menuju Sempurna.

Hatta, Ahmad. (2009). Tafsir Qur'an Perkata, Dilengkapi Dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah.

Ibrahim Faiz. (2020). Hijrah dalam perspektif al-qur’an dan relevansinya dalam kehidupan moderen.

Isnan, A. (2020). Hijrah Dalam Perspektif Fiqih Islam.

Ismail, Muhammad Taufik & Abidin Zainal, (2017). Kontekstualisasi Hijrah Sebagai Titik Tolak Pembaharuan Pendidikan. Surakarta.

Kementrian Agama RI. (2010). Al-Qur'an dan Terjemah. Jakarta: PT Tehazed.

Munawir, Ahmad Warson. (1997). Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Muhammad, Z. (2020). Konsep hijrah dalam gerakan dakwah. UIN Sunan Ampel.

Murni. (2013). Konsep Hijrah Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Terhadap Pandangan Prof. Dr. M. Quraish Shihab, Ma Dalam Tafsir Al-Mishbah).

Mustaqim, A. (2018). The Phenomena Of Adolescent “ Hijrah ” In Islamic Counseling Perspective. 2.

Nata, Abuddin. 2003. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Royyani, I. (2020). Reinterpretasi Makna Hijrah dalam QS . al-Nisa / 4 ayat 100 : Sebuah Respon atas Fenomena Hijrah di Kalangan Artis.

RI, K. (2010). Al-Qur,An Dan Terjemahnya. Jakarta: PT tehazed.

Shihab, Muhammad. Quraish (1986). Tafsir al-Qur'an Dengan Metode Maudhu'i. Jakarta: Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an .

Shihab, Muhammad. Quraish (2002). Tafsir al-Misbah. Pesan, Kesan dan Keserasian al- Qur'an. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, Muhammad. Quraish (2012). Al-Lubab, Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah- Surah Al-Qur'an. Tanggerang: Lentera Hati

Sudarto. (2000). Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo.

Ummah, Siti. Nafsiatul (2019). Makna Hijrah Perspektif Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar dan Kontekstualisasinya Dalam Kehidupan Sosial

Latif, Y. (2005). Intelegensi Muslim dan Kuasa: Genealogi Intelegensi Muslim Indonesia Abad Ke-20. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Yuhana, Nihayatul Laili. (2021). Generalisasi Makna Hijrah.

Al-Zuhaili, Wahbah. (2005). Tafsir al-Munir. Aqidah, Syariah, dan Manhaj. Damaskus: Darul Fikr.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v1i2.3605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EL MAQRA' : TAFSIR, HADIS DAN TEOLOGI



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter