PERSPEKTIF AL-QUR’AN TENTANG MUKAAN DAN TASDIYAH (SUATU KAJIAN MAUDU’I)

Zulkarnain Zulkarnain, Syahrul Mubarak

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan praktek tepuk tangan di Baitullah yang secara nyata disebutkan dalam al-Qur’an, namun dengan penekanan yang negatif. Kemudian rumusan masalah ini yaitu: pertama, Hakikat muka>an dan tas}diyah. kedua, Wujud muka>an dan tas}diyah. ketiga, Dampak bagi pelaku dan penerima muka>an dan tas}diyah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir, Psikologis, dan Antropologis dengan menggunakan data primer berupa al-Qur’an dan data sekunder berupa kitab-kitab tafsir. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir Maud}u>’i. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ayat yang serupa dengan Muka>an dan Tas}diyah terdapat dalam al-Qur’an sebanyak 28 ayat, kemudian yang peneliti jadikan bahan penafsiran yaitu QS. al-Anfa>l/8:35, QS. al-Hujurat/49:11, Hud/11:38, Luqman/31 6 dan al-Hajj/22: 25. Dari beberapa ayat di dalam al-Qur’an terdapat kata mengejek, mengganggu, mengolok-olok dan menghalangi. Hakikat muka>an dan tas}diyah dari berbagai penafsiran, bahwasanya ada beberapa kata yang berbeda mengenai muka>an dan tas}diyah, tetapi memiliki hakikat yang sama yaitu mengejek dengan berbagai jenis ejekan perkataan atau perbuatan. Kemudian wujud muka>an dan tas}diyah mengejek dengan perkataan dan perbuatan. Adapun dampak muka>an dan tas}diyah yaitu kepada pelaku, penerima, dan masyarakat yang dapat merugikan dan bersifat negatif.

Kata Kunci: Muka>an, Tas}diyah and al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Karim.

Abbas, Fauzan. (2017). “Pendekatan Studi Islam di Tinjau Secara Psikologis”.Sungging Waro.

Amri, Syaipul. (2018). “Pengaruh Kepercayaan Diri”.Jurnal pendidikan. Bengkulu: Daud, Abu. Sunan Abu Daud. Maktabah Al-‘Ashriyah: Beirut, Jilid IV.

Departemen Pendidikan Nasional. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Edisi Ketiga.

Elhany, Hemlan. (2018). “Metode Tafsir Tahlili dan Maud}u>‘I”. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung.

Al-Farmawi>, ‘Abd. H{ayy. (1994).Metode Tafsir Maud}u>’i. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hatta, Ahmad. (2009).Tafsir Qur’an Per Kata. Jakarta.

Hidayat, Hamdan. (2020).Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.Iain Puwekerto : Jurnal, Ilmu Al-Qur’an dan tafsir Iain puwekerto.

Hude, M. Darwis. Emosi. (2006).Penjelajahan Religio-Psikologis Emosi Manusia di dalam al-Qur’an. Erlangga.

Ibrahim,Bin Muhammad. (2005). “Penyebab Melemahnya Jalinan Silaturrahmi”.Surakarta.

Kanus, Oktari. (2017).“Tafsir Ayat-Ayat Shalat Di dalam Ibnu Katsir”.Yogyakarta: Tesis Uin Sunan kalijaga.

Kementrian Agama RI. (2010).Al-Qur’an dan Tafsirnya.Jakarta: Widya Cahaya.

Ma>jah, Ibnu. Sunan Ibnu Ma>jah.Dar al-Ihya’ al-Kitab al-Arabiyah, Jilid 2. Al-Maja>lis. (2016).Budaya Dalam Tinjauan Aqidah Islamiyah.Dirasat Islamiyah. M Quraish Shihab. (2002).Tafsir al-Misbah. Jakarta.

Ahmad WarsonMunawir. (1997).Kamus Arab –Indonesia. Yogyakarta.

Al-Munir, Wahbahaz-Zuhaili. (2015).Tafsir al-Munir. Jakarta: Gema insani. Paramihta, Renada Gita. (2018).Jurnal Psikogenesis. Vol 6, No 2. Jakarta

Al-Qurt}ubi>,Syaikh Imam al-Qurthubi. (2014).Tafsir al-Qurthubi. Jakarta: Pustaka Azzam.

Al-Baqi’, Safiruddin. (2015).“ Ekspresi Emosi Marah”. Jurnal Universitas Gadjah Mada. Sumartias, Suwandi. (2013). “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konflik Sosial. Bandung. Susanto, Iman Sayekti. (2010). “Statistik Kriminal Sebagai Kontruksi Sosial”. Genta Publishing.

Sutarno, Alfonsus. (2008).Etika Kiat Serasi Berelasi. Yogyakarta.

Al-T{abari>, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. (2008). Tafsir al-T{abari>. Jakarta: Pustaka Azzam.

Ulya, Miftah. (2007). “Konstruk Emosi Marah Perspektif al-Qur’an”. Pekanbaru-Riau: Jurnal Sekolah Tinggi Agama Diniyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v2i1.3993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zulkarnain Zulkarnain, Syahrul Mubarak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter