HAFIDZ AL-QUR’AN PERSPEKTIF Q.S AL-HIJR/15:9 (SUATU KAJIAN TAHLILI)

Muhammad Yunus, Ira Trisnawati

Abstract


Abstrak

Penulisan ini berjudul H{afiz} Al-Qur’an Perspektif Q.S Al-H}ijr/15:9 (Suatu Kajian Tah}lili>). Al-Qur’an adalah teks suci yang telah di turunkan Allah kepada Nabi Muhammad dengan perantara Jibril. Al-Qur’an adalah satu-satunya kitab suci yang di dalamnya Allah nyatakan akan memberikan penjagaan kepadanya agar tidak terkontaminasi oleh selain daripadanya. Sebagaimana Allah telah berfirman pada Q.S al-H}ijr/15:9. Akan tetapi, yang kerap menjadi perbincangan adalah apakah kalimat nahnu paa ayat itu bermakna untuk membesarkan nama Allah ataukah memang ada andil makhluk dalam penjagaan teks al-Qur’an dalam ha ini penghafal al-Qur’an, dan metode apa saja yang digunaka oleh penghafal al-Qur’an saat akan menghafal. Penulisan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penafsiran kata nahnu dalam Q.S al-H}ijr/15:9.  dan untuk mengetahui metode dalam menghafal al-Qur’an. Penulis menggunakan jenis penulisan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik studi kepustakaan. Sumber data dalam penulisan yakni primer dan sekunder.Teknik interpretasi data yang digunakan yaitu interpretasi tekstual, kontekstual, dan interkontekstual. Teknik analisis data yang digunakan adalah tafsir Tah}lili>.Hasil penulisan ini menunjukan bahwa: Pertama, kata nahnu dalam al-Qur’an memiliki makna terdapat keterlibatan makhluk Allah dalam menjaga otensitas al-Qur’an diantaranya yakni malaiskat Jibril, Nabi Muhammad, H{afiz} (penghafal) al-Qur’an serta umat muslim lainnya. Kedua, terdapat beberapa metode dalam menghafal al-Qur’an yakni dengan menggunkan metode talqin,tikrar, talqin dan mendengar rekaman, gerakan dan isyarat, sima’i, wahdah, kitabah, jama, dan gabungan.  

Kata Kunci : H{afiz}, Q.S Al-H}ijr/15:9, Metode


Full Text:

PDF

References


Amir,Syafruddin DKK. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Learning Problematics at Islamic Boarding School. Jurnal Al-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan. Vol. 31. No. 31.

Al-Mubarakfuri, Shafiyyurrahman. (2006). Shahih Tafsir Ibnu Katsir. Pustaka Ibnu katsir.

AS Saifudin.(2018). Ngaji Metal (Metode Talqin).Jakarta: Wali Pustaka.

Asghary, Basri Iba. (1994). Solusi al-Qur’an Tentang Problem Sosial, Politik, Budaya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asrori. (2012). Tafsir Al-Asraar. Yogyakarta: Daarut Tajdiid.

Ath-Thabari Abu Ja’far bin Jarir. Tafsir Ath-Thabari. Jakarta: Pustaka Azzam. 2007.

Al-H{afiz} Ahsin W. (1994). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an.Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Qurthubi, Syaikh Imam. (2015). Tafsir Al-Qurthubi. (K. Akhmad dkk, penjmh). Jakarta: Pustaka Azzam.

Az-Zuhaili, Wahbah.(2015). Tafsir Al-Munir.Jakarta: Gema Insani.

Baidan, Nashruddin. (2016). Wawasan Baru Ilmu Tafsir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bawil Salim Ahmad. (2010). Cara Mudah Bisa Menghafal al-Qur’an.Jogjakarta: Bening.

Das Hanafie, St Wardah dan Abdul Halik. (2016). Kiat Menulis Karya Ilmiah Skripsi dan Tesis.Makassar: CV. Berkah.

Departemen Pendidikan Nasional.Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008).

Hidayah Aidah. (2017). Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Hadis. Vol 18, No. 1

Hidayah, Nurul. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an diLembaga Pendidikan. Ta’allum. Vol. 4. No. 1.

Julianto Teguh Arafah. (2020). Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Melalui Gerakan Isyara ACQ. IQRO: Jurnal of Islamic Education.

Kamus Besar Indonesia (online) https://kbbi.kemdikbud.go.id.

Kemenag RI.(2000).Al-Qur’an Dan Terjemahan. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.

Kementrian Agama Republik Indonesia. (2019). Al-Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Latjnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Kusroni.(2019). Mengenal Ragam Pendekatan, Metode, Dan Corak Dalam Penafsiran Al-Qur’an, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah. Jurnal Kaca Jurusan Ushuluddin STAI AL FITHRAH. vol.9.

Ma’ruf, Amar. (2019). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Tahfidzul Qur’an Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Masyhud Fathin dan Idah Husnur Rahmawati.(2016). 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia.Jakarta: Zikrul Hakim.

Purwati Lilik Indri. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Darussalam Metro.

Penyusun Tim. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Kementrian dan Kebudayaan.

Penyusun Tim Yayasan Al-Muntada Al-Islami.(2012). Panduan Mengelola Sekolah TahfidzTerj. Abdil Bari.Solo:Al-Qawam.

Rahmi, Yuliani. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahlul Yaman Kota Jambi. Jurnal: Innovation Studies. Vol. 19. No. 1.

Rohman, Muhammad Fatur. (2019). Pembelajaran Tahsin Tahfiz Al-Qur’an (Studi pada SMPIT Bina Insani Kota Metro. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Metro).

Rokim, Syaeful.(2017).Mengenal Metode Tafsir Tah}lili>. Bogor: STAI Al-Hidayat.

Rosidi Ahmad. Motivasi Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an (Studi Multi Kursus di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PPIQ) P. Nurul Jadid Palton Probolinggo, dan Pondok Pesantren Tahfizhul Al-Qur’an Raudhatusshalihin Waten Pasar Besar Malang).

Ruslan Rusdy. (2003). Metode Penulisan Publik.Surabaya: PT. Raja Grafindo Persada

Rusyan Tabrani. Yani Daryani. (t.t) Penuntun Belajar yang Sukses. Jakarta: Bina Karya.

Safa’at Muhammad Khairul.2019. Efektivitas Metode Tikrar dan Talqin dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Pada Program Unggulan Kelas Tahfidz di SMP Islam Al Abidin Surakarta.

Susianti Cucu. 2016. Efektivitas Metode talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Anak USia Dini. Tunas Siliwangi.Vol. 2, No. 1.

Syamsi, Wal Qamar. 2015. Kritik Makna Islam Persfektif Orientalis dan Liberal. Vol. 13 No. 1.

Wahid, Abd. Hamid & Naviyah, Salimatun. (2021). Tiga Golongan Penghafal Al-Qur’an dalam Surah Fatir Ayat 32 Perspektif Adi Hidayat. Jurnal: Universitas Nurul Jadid Probolinggo.

Yuliani, Rahmi. (2019). Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. Pascasarjana UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v2i1.3995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Yunus, Ira Trisnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter