BULLYING DALAM PENAFSIRAN QS. AL-ḤUJURĀT [49]:11 PERSPEKTIF MA’NA-CUM-MAGZA

Sumiati Sumiati, Danial Danial

Abstract


Tulisan ini adalah kajian tentang bullying yang berdasar dari penafsiran QS. al- Ḥujurāt [49]:11. Pada ayat ini terdapat tiga perilaku yang relevan dengan perilaku bullying. Oleh karena itu, peneliti menggunakan QS. al-Ḥujurāt [49]:11 sebagai teks yang menjadi fokus kajian ini untuk mengungkap signifikansi bullying serta relevansinya di era kontemporer. Untuk menjawab tujuan tersebut maka jenis penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah penelitian kualitatif berbasis library search (kepustakaan) dan menggunakan pendekatan teks dan konteks melalui kerangka ma’na-cum-maghza yaitu dengan mendeskripsikan bullying pada abad ke 7, intertekstual dan intretekstual (analisis linguistik), melihat historis baik secara mikro maupun makro dan mengungkap signifikansi ayat. Adapun hasil temuan dengan analisis tekstual mengungkap karateristik bullying seperti adanya sifat sombong, pengumpat dan penggibah. Dengan tinjauan analisis historis pada QS. al-Ḥujurāt [49]:11 menunjukkan motif utama timbulnya tindakan bullying yaitu sebab adanya rasa ketidaksukaan seseorang kepada kepada orang lain. Motif ini muncul karena adanya kebencian kepada pelaku maupun karena adanya perbedaan status sosial. Kemudian melalui analisis tekstual dan konteks historis sesuai dengan tindakan bullying yang terjadi di era perkembangan teknologi, perilaku tersebut mulai dilakukan dengan mudah melalui alat elektronik seperti handphone yaitu melakukan tindakan intimidasi melalui media sosial. Bullying pada QS. al-Ḥujurāt [49]:11 di era kontemporer saat ini, dengan upaya untuk mencegah perilaku tersebut maka ditetapkanlah hukum pidana nasional terhadap pelaku untuk membuatnya merasa jera atas tindakannya

Full Text:

PDF

References


Referensi

Al-Ashfahani. Ar-Raghib. (2009). Al-Mufradat fi Gharibil Qur’an. Jeddah: Da>r al Basyi>r

Al-Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Yogyakarta : Pustaka Progressif.

An, A. A., & Hadis, D. A. N. (n.d.). MENJAWAB PROBLEMATIKA.

Anggraeni, R. S., & Inten, D. N. (2021). Implikasi Pendidikan dari QS Al- Hujurat Ayat 11 Terhadap Pencegahan Perilaku Bullying. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1–6.

Arifianto, Y. A., & Santo, J. C. (2020). Iman Kristen dan Perundungan Di Era Disrupsi. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 149–163.

‘Asyur, Muhammad at-Thohir bin. (1984). Tafsi>r al-Thari>r wa al-Tanwi>r. Tunis: Dar At-Tunisiyah.

At}-T{abari, I. J. (2014). Tafsi>r Al-T{abari>. In Tafsi>r al-T{abari> (6th ed., p. 7968).

Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Auwalul, M. (2019). Body Shaming Perspektif Tahir ibn’Ashur: studi analisis Qur’an Surat al-Hujurat {49}: 11 dalam kitab At-Tahrir Wa At-Tanwir. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Al-Darwi>syi, Muhyiddin. (1992). ‘Irab al-Qur’an al-Kari>m wa Baya>nuh. Suriah

: Da>r al-Irsyad. Cetakan ke 3.

Dhiya'ul, F. (2020). Bullying Perspektif al-Qur'an (Analisis Surat Al-Hujurat Ayat 11). UNISNU Jepara.

Hidayatullah, M. S. (2020). Konsep Bullying Dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. IAIN KUDUS.

Julia, Yayu. (2017). Penafsiran Tentang Ayat-ayat Al-Qur’an yang Berkaitan Dengan Perilaku Bullying: Studi Komparatif antara Tafsir Al-Qur’an al- Majid An-Nu>r dan Tafsir Al-Maraghi. digilib.uinsgd.ac.id. http://digilib.uinsgd.ac.id/6034/

Kathir Al-Dimashqi, I. (2017). Tafsi>r Al-Qur’an Al-’Az}i>m (4th ed.). Dar Al- Kotob Al-Ilmiyah. Jilid 4.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2019). Al-Qur’an Kemenag. Aplikasi Qur’an Kemenag.

Lutfi, S. (2020). Materi Pendidikan Akhlak Menurut Al-Qur’an: Analisis Surah

Al-Hujarat ayat 11-12. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 3(2), 159–168.

Mahendra, P. A., & Pratiwi, D. E. (2020). Kajian Etiologi Kriminal Terhadap Kasus Cyber Bullying Di Indonesia. Jurnal Hukum Pidana Dan Penanggulangan Kejahatan, 9(3), 252–258.

Manzur, al-Ibn. (1119) Lisa>n al-A’rabi. Al-Nasyir: Da>r al-Ma;a>rifah.

Al-Maragi, A. M. (1992). Tafsir Al-Maragi. Terj. Hery et al.. Semarang: PT. KaryaToha Putra Semarang. Cetakan Kedua. Jilid Ke 10

Muna, Y. (2020). Kajian Tafsir maudhu’i Tentang Verbal Bullying Berbentuk Body Shaming Dalam Perspektif Alquran. IAIN KUDUS.

An-Nawawi. (2014). Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim Ibn Al-Hajja>j (2th ed.).Terj. Fathoni dan Arifin. Jakarta: Darus Sunnah.

Novianti, I. (2008). Fenomena kekerasan di lingkungan pendidikan. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), 324–338.

Oktavia, R., & Dewi, S. F. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMAN 7 Padang. Journal of Civic Education, 4(1), 81– 86.

Otta, Y. A. (2010). Madinah Dan Pluralisme Sosial (Studi Atas Kepemimpinan Rasulullah Saw). Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 8(2).

Shihab, M. Quraish. (2005). Tafsir al-Misbah: pesan, kesan keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. Jilid ke 13

Suaidi, P. (2016). Asbabun Nuzul: Pengertian, Macam-Macam, Redaksi dan Urgensi. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1).

Syamsuddin, S. (2017). Ma’na cum Maghza Approach to The Qur’an: Interpretation of Q. 5: 51.‛. Jurnal Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 137, 131–136.

Yaqut, Muhammad Sulaiman. ‘Irab al-Qur’an al-Kari>m. Mesir : Da>r al-Ma’rifah al Ja>miah

Zaman, Badru. (2018) Penafsiran Olok-olok Terhadap Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Double Movement. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Al-Zuhaili, W. (2016). Tafsi>r Al-Muni>r (13th ed.). Dar al-Fikr




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v2i2.5264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sumiati Sumiati, Danial Danial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter