ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN IMAM MASJID KECAMATAN NAMBO KOTA KENDARI (STUDI LIVING QUR’AN)

Kusniati Kusniati, Ira Trisnawati, Masyhuri Rifai

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah mengenai kemampuan para imam dalam membaca al-Qur’an.Para imam memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk memimpin shalat berjemaah dimasjid, salah satu syarat utama dalam menjadi imam adalah memiliki bacaan yang baik danbenar. Akan tetapi melihat dari observasi yang telah dilakukan, masih terdapat banyak kesalahanbacaan yang dilakukan oleh para imam. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untukmengidentifikasi kemampuan bacaan al-Qur’an para imam masjid Kecamatan Nambo KotaKendari, untuk mengidentifikasi latar belakang para imam mengenai ilmu tajwid dan relasikemampuan membaca al-Qur’an para imam dengan latar intelektual dan sosialnya. untukmenjawab tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif Deskriptif,dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang menyajikan data sesuai hasil penelitian,dengan menggunakan beberapa teknik penelitian yaitu metode observasi, wawancara mendalamdan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para imam memiliki pengalaman belajar yang berbeda-beda, mulai dari tingkat pendidikan formal maupun non formal serta keadaan sosial para imam. Akan tetapi, yang lebih mempengaruhi bacaan para imam dengan melihat metode living Qur’an yaitu faktor lingkungan sosial, ekonomi dan profesi.     

References


Anggranti, Wiwik. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis-al-Qur’an (Studi Deskriptif-Analitik di SMP Negeri 2 Tenggarong). Jurnal Intelegensia, Vol. I, No.1, April.

Anjania, R.Y & Tasdiq. (2019). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca alQur’N Pada Anak TPQ al-Hdayah 1 Dusun Tugasari. Jurnal Pendidikan Islam Al-I’tibar. vol.6. No.1. Februari.

Astuti, Rini. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca al-Qur’an Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behaviour Analysi. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7. Edisi 2. Desember

Junaedi, Didi. 2015. Living Qur’an: Sebuah Pendekatan Baru dalam Kajian al-Q ur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren As-Siroj Al-Hasan Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon). Journal of Qur’an and Hadits Studies, Vol. 4, No. 2.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rafiq, Ahmad. (2021). Living Qur’an: Its Text and Practices in the Function of the Scripture. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis, Vol. 22, No. 2. Juli.

Rambe, Rizki. (2019). Kualitas Bacaan Al-Qur’an Imam Masjid di Kecamatan Ciputat Timur. Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Rifai, Moh. (2018). Kajian Masyarakat Beragama Perspektif Pendekatan Sosiologis. Al-Tanzim: Jurnal Ilmu-ilmu Ushuluddin, Vol. 4, No. 1, Agustus.

Umar, Nasaruddin. (2009). Menuju Sosok Idel (Pegangan Imam Masjid). Jakarta: Direktoral urusan agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v3i2.6406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kusniati Kusniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter