EFEKTIFITAS TUGAS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERTIB NIAGA (PKTN) PROVINSI SULAWESI TENGGARA DALAM PENCANTUMAN LABEL PRODUK MAKANAN

Jusma Jusma, Fatihani Baso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas tugas perlindungan konsumen tertib niaga (pktn) provinsi sulawesi tenggara dalam pencantuman label produk makanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi pemikiran orang secara individu maupun kelompok dimana penulis turun langsung kelapangan untuk melakukan wawancara kepada pegawai PKTN. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, PKTN telah melakukan tugas pokok dan fungsinya sebagaimana yang terdapat dalam Pasal 31, 32, dan 34. bidang perlindungan konsumen dan tertib niaga. Kedua dalam melakukan tugasnya mengadu dan diberikan fasilitas  apabila ada barang bukti ditangani oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).


Full Text:

PDF

References


Moh syaiful akhyar, 2020. Tinjauan maslahah terhadap peraturan pemerintah nomor peraturan pemerintah nomor 69 tahun 1999 tentang label makanan dan iklan pangan.

purwaningsih, ending, 2015, hukum bisnis, 74.

JL JM invacevich, GIBSON; donelly,(2001) JH, Organisasi Jakarta, erlangga

septian, jian; rahayu, winiant, 2014, pengetahuan pelabelan produsen industri rumah tangga pangan di kota bogor. jurnal mutupangan, vol. 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/flr.v4i1.3866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]