Keabsahan Akad Shopee Paylater oleh Mahasiswa IAIN Kendari Perspektif Fikih Muamalah Kontemporer

Utriana Utriana, Ipandang Ipandang, Muhammad Iqbal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi Mahasiswa IAIN Kendari menggunakan fitur shopee paylater, untuk mengetahui bagaimana mekanisme akad shopee paylater yang digunakan mahasiswa IAIN kendari dan untuk mengetahui bagaimana keabsahan akad shopee paylater mahasiswa IAIN Kendari menggunakan perspektif Fikih Muamalah Kontemporer. Adapun penelitian ini berfokus pada pandangan ulama kontemporer menyikapi fitur peminjaman seperti ini. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini melalui wawancara. Pada hasil penelitian ditemukan aplikasi dana talangan tersebut sama dengan kredit pada umumnya yang menyebabkan perbedaan pandangan yang hukumnya mubah dan haram. Sehingga hal ini lah yang harus diperhatikan lagi mahasiswa dalam melakukan transaksi di fitur shopee paylater.

References


RI, D. A. (2004). Al-Quran dan Terjemahannya. Semarang: CV. Asy-syifa.

Nawawi, I. (2012). Fikih Muamalah Klasik Dan Kontemporer Hukum Pejanjian Ekonomi, Bisinis, dan Sosial. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasanah, R. (2020). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kredit Shopeepaylater Dari Marketplace Shopee. Purwokerto: Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Purwokerto.

Adam, P. (2020). Pemikiran Ekonomi Yusuf Al Qardhawi . Jurnal pemikiran dan pengembangan pebankan syariah 6, no 1, 96-97.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/flr.v4i2.4526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]