TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI POBOLOSI SEBAGAI TRANSAKSI BARTER DI PASAR SAMPUAWATU KECAMATAN KALEDUPA KABUPATEN WAKATOBI

Nikmat Nurlaila, Muh. Idris, Ahmad Ridha

Abstract


Pobolosi merupakan sebuah sebagai kegiatan dagang yang dilakukan dengan cara mempertukarkan komoditi yang satu dengan komoditi yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Tradisi Pobolosi sebagai transaksi barter dan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang pelaksanaan Tradisi Pobolosi sebagai transaksi Barter.Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian empiris dengan pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Pertama Pelaksanaan Pobolosi Di Pasar Sampuawatu dimulai dengan saling menawarkan barang antar pedagang,dimana nelayan dengan menjajakkan hasil tangkapannya menggunakan perahu kecil (Koli-koli) berupa ikan basah dari berbagai jenis ikan dan Petani yang juga menjajakkan hasil perkebunannya berupa jagung, umbi-umbian dan sebagainya,kemudian apabila sudah saling suka barulah mereka saling menawarkan harga barang, apabila mereka sudah cocok dengan harga barang maka selanjutnya mereka akan saling menyesuaikan jumlah barang yang ditukarkan dengan harga yang sudah ditetapkan.Kedua,Masyarakat Kaledupa masih tetap mempertahankan Pobolosi sebagai media transaksi karena beberapa faktor yaitu faktor Tradisi, faktor ekonomi,dan faktor pendidikan. Ketiga, Analisis Hukum Islam dalam pelaksanaannya sudah memenuhi rukun dan syarat sah Barter namun ada sebagian kecil pedagang yang melakukan jual beli yang dilarang dan praktik barter yang tidak sesuai dengan syariat seperti tidak melakukan transparansi harga pada saat negosiasi.

References


Abdul Rahman Ghazali dkk (2010, Fikh Muamalat, Jakarta Prenamedia Group.

Blikololong, Jacobus Belida. (2010.) Du-Hope di Tengah Penetrasi Ekonomi Uang: Sebuah Kajian Sosiologis Terhadap Sistem Barter di Lamalera, Nusa Tenggara Timur. Disertasi. Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Chapman, Anne (1980). Barter As A Universal Mode of Exchange. L’Homme, juilsept. 1980, XX (3), 33

Kurniawan Rahmad, Muhammad (2014), Visi dan Aksi Ekonomi Islam (Kajian Spirit Ethico- Legal atas Prinsip Taradhin Dalam Praktek Bank Islam Modern), Malang: Intimedia (kelompok In-TRANS publishing) Wisma Kali Metro.

Pratama, F. R. (2020). Tinjauan Hukum Islam Tentang Jual Beli Burung Beda Jenis Dengan Sistem Barter (Studi Kasus di kios burung kecamatan panjang, Bandar Lampung)

Suhwardi . Lubis & faridWajdi (2012),Hukum Ekonomi Islam. Jakarta: Sinar Grafika.

Wahida, L. A. (2018). Primitivisme Di Era Modernisasi (Studi Kasus Sistem Barter Masyarakat Kajuara Kabupaten Bone).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/flr.v4i2.4530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]