Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 1 Kendari

Halmuniati Halmuniati, Hisnan Hisnan, Erdiyanti Erdiyanti, Moh Yahya Obaid, Jumarddin La Fua

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Posing Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Kota Kendari, yang dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan tes dengan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis (uji t). Dari hasil uji t pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit < ttab yaitu 0,25 < 2,00. Hasil uji t posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit> ttab yaitu 4,24 > 2,00. Hasil uji t gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit> ttab yaitu 3,38 > 2,00, pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran Problem Posing Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Kendari.

Kata Kunci:  Problem Posing Learning, Keterampilan Berpikir Kritis


References


Abdullah, Shodiq. (2012). Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Teori Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Aris Shoimin. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

B. Hartati. (2010). Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-1246.

Dewi Erianti, dkk.. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing dipadu Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem endokrin di MAS Babun Najah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika Volume 5, No.1.

Euis Istianah. (2013). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol.2, No. 1.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Fitri April Yanti, Sukarmin, Suparmi. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika SMA/MA Berbasis Masalah. Jurnal Inkuiri, ISSN: 2252-7853 Vol.4, No.3.

I. M. Astra, Umiatin, M. Jannah. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, ISSN: 1693-1246.

Indah, Komsiyah. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Intan Widiarti, dkk.. (2014). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Radiasi Vol.5. No.1.

Lita Amalia, dkk.. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Problem Posing dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol, 2.

Muhammad Yaumi. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Muldiyana Nugraha. (2018). Manajmen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajmen Pendidikan, Vol, 4, No. 01.

Prihartiningsih, dkk. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Jurnal Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, Vol.1, ISBBN: 978- 602-9286-21-2.

Ratna Rustina. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika Vol.2, No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.