Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Media Laboratorium dan Media Visual Pada Materi Sistem Eksresi di MAN 1 Konawe

Balda Balda

Abstract


Artikel ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui, perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan pembelajaran media laboratorium dan pembelajaran  media visual pada materi sitem ekskresi di MAN 1 Konawe. Penelitian ini dilakukan MAN 1 Konawe, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Metode Pengumpulan  data  dilakukan  dengan cara  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validasi soal hasil uji coba dilakukan dengan mengkorelasikan hasil data ke dalam korelasi product moment. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa, Hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan media laboratorium memiliki nilai rata-rata 78,25 dan yang diajar dengan menggunakan Media Visual memiliki nilai rata-rata 77 menunjukkan bahwa nilai rata-rata pembelajaran menggunakan pembelajaran media laboratorium lebih tinggi dibandingkan pembelajaran menggunakan media visual (gambar). Penggunaan media laboratorium dalam proses pembelajaran dapat menarik perhatian siswa karena terlibat langsung dalam proses pembelajaran, mudah mengingat, menceritakan, dan memahami materi secara kongkrit dan siswa dapat menguasai materi sehingga mendapatkan hasil belajar yang lebih baik khususnya pada materi sistem ekskresi.

References


Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Djamaral Saiful Bahri dan Aswan Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elseria. (2016). Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendidikan. 10(1).

Emda, Amna. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal. 5(1).

Henilili Victoria, Tien Aminatun, dan Wita Setianingsih(2009). Pelatihan Pembuatan Medai Pembelajaran Biologi Berbasis Internet Bagi Guru Biologi SMA Di Kabupaten Sleman. Jurnal Inotek, 13(2).

Isnaini, Muhammad. (2015). Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran Torso Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Di SMPN 19 Palembang, 1(1).

Kadir, Ahmad Ridwan. (2014). Perbandingan Efektivitas Penggunaan Laboratorium Riil dengan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Kelas XI IPA SMAS Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang. (Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Alaudd in Makasar).

Khamidinal. (2009). Teknik Laboratorium Kimia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar). Cet 1.

Sadirman, Arief S. dkk. (2006). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: Rajagragindo Persada.

Sumiarti dan Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana PRIMA.

Suryaningsih, Yeni. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio. 2(2).

Zainal, Arifin. (2011). Konsep dan pengembangan kurikulum. Banung : Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i2.1906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.