Pembelajaran Daring Mahasiswa Tadris Matematika dengan Menerapkan E-Learning di Tengah Pandemi Covid-19

Vivin Agustin Anggraini, Nur Mauliska, Mar’atus Sholehah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring mahasiswa Tadris Matematika di tengah pandemic Covid-19. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif  kualitatif dengan kuesioner online yang diisi oleh mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Metode yang digunakan adalah observasi wawancara terstruktur melalui pengisian kuesioner. Teknik analisis data dengan metode analisis deskriptif kualitatif yakni reduksi data, sajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa mahasiswa memahami dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan menggunakan e-learning selama pandemi Covid-19.

 


References


Ahmad, Hanafi (2011). Media Sosial sebagai Penunjang Proses Perkuliahan. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Jendral Ahmad Yani Yogyakarta.

Boyd, Danah (2009). Living and Learning with Social Media, Symposium for Teaching and Learning with Technology. Penn State: State College, PA.

Guetterman, T.C. (2015). Descriptions of Sampling Practices Whitin Five Approaches to Qualitative Research in Education and the Health Sciences. Forum: Qualitativ social research, 16(2), 25-26.

Hanum, Sulistyo (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3 (1): 43-44.

Horton, William & Horton, Katherine (2003). E-Learning Tools and Technologies: A Consumer Guide for Trainers, Teachers, Educators, and Instructional Designers. USA: Wiley Publishing, Inc.

Indah, S. (2019). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di STIA Al Gazali Barru. Meraja Journal. 2 (1), 2-3.

Mailangkay, Adele B. L. & Suharyanto (2016). Penerapan E-Learning sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya. 3(4), 15-16.

Miarso, Yusufhadi (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Pratama, Anang (2016). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Telegram dalam Pembelajaran Bulutangkis. Prosiding Seminar Nasional Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i2.2158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.