Membangun Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hilal Karangkemiri

Shafilania Nindy Nindyarizki, Nur Azizah

Abstract


Konflik yang mengatasnamakan agama kerap terjadi di Indonesia. Ketika beberapa tempat ibadah  dijadikan sasaran untuk meluapkan apa yang telah mereka yakini dan pemuka agama sering dijadikan korban karena orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pengabdian Masyarakat ini berupaya untuk turut berpartisipasi dalam menyelesaikan persoalan tersebut dengan bentuk pemberdayaan masyarakat di lembaga pendidikan dasar Islam, yakni Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) dengan kerangka besar moderasi beragama. Fokus Pengabdian Masyarakat pada nilai-nilai moderasi dari Tasamuh, I’tidal, Tawazzun. Dengan metode Participatory Action Research (PAR) dan dilaksanakan di TPQ Al-Hilal Karangkemiri. Data didapatkan dari pendampingan maupun pelatihan berupa kegiatan yang dilakukan di TPQ Al-Hilal Karangkemiri. Hasil Pengabdian Masyarakat ini bahwa kegiatan yang dilakukan bisa membangun pemahaman keagamaan masyarakat khususnya anak TPQ menjadi lebih moderat, atau paling tidak, bisa lebih memperkuat moderasi beragama yang sudah mereka yakini. Dengan adanya rasa cinta terhadap Indonesia ini akan menumbuhkan kedamaian dan adanya kesadaran bahwa pemikiran yang radikal dan terorisme merupakan perbuatan keji yang semestinya tidak ditiru.


Keywords


Nilai Moderasi Beragama; Tasamuh, I’tidal, Tawazzun. Anak

Full Text:

PDF

References


Afwadzi, B., & Alifah, N. (2019). Malpraktek dan Hadis Nabi: Menggali Pesan Kemanusian Nabi Muhammad saw. dalam Bidang Medis. Al Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 3(1), 1–20. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/4464/

Ali, N. (2020). Measuring Religious Moderation Among Muslim Students at Public Colleges in Kalimantan Facing Disruption Era. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 1–24. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.1-24

Anwar, R. N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat pada Anak Usia Dini dalam Keluarga sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v4i2.3883

Ardiansyah, A. (2016). Islam Wasaṭîyah dalam Perspektif Hadis: Dari Konsep Menuju Aplikasi. Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 6(2). https://doi.org/10.15642/mutawatir.2016.6.2.232-256

Arifin, M. J., Sugiono, I. B., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Taman Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Anak Bangsa dalam Bingkai Moderasi Beragama. Abdimas Indonesian Journal, 1(1), 1–17. Retrieved from http://journal.civiliza.org/index.php/aij/article/view/68

Asrori, S. (2020). Lanskap Moderasi Keagamaan Santri, Refleksi Pola Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.15408/jisi.v1i1.17110

Christanti, Y. D., & Anwar, R. N. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Kecerdasan Spiritual Generasi Milenial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(1), 31–65. https://doi.org/10.33650/pjp.v6i1.486

Daniel, T. (2019). Mewujudkan Perilaku Toleran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam Moderasi. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 1(2), 287–300. Retrieved from https://jurnalstitmaa.org/alasma/article/view/20

Hermawan, A. (2020). Nilai moderasi Islam dan internalisasinya di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 31–43. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3365

Hilmy, M. (2013). Whither indonesia’s islamic moderatism? A Reexamination on the Moderate Vision of Muhammadiyah and NU. JIIS: Journal of Indonesian Islam, 7(1), 24–48. https://doi.org/JIIS.2013.7.1.24-48

Hiqmatunnisa, H., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran Fiqih di Ptkin Menggunakan Konsep Problem Basic Learning. JIPIS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 29(1). Retrieved from http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/546

Islam, T., & Khatun, A. (2015). “Islamic Moderation” in Perspectives: A Comparison Between Oriental And Occidental Scholarships. International Journal of Nusantara Islam, 3(2), 69–78. https://doi.org/10.15575/ijni.v3i2.1414

Ismawati, D. (2014). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstra Kulikuler Karawitan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purbayan Kota Gede Yogyakarta (UIN Sunan Kalijaga). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14721/

Mardliyah, A. A., & Rozi, S. (2019). Karakter Anak Muslim Moderat; Deskripsi, Ciri-Ciri dan Pengembangannya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(2), 231–246. https://doi.org/10.36815/tarbiya.v8i2.476

Nanik, U., & Alwiyah, N. (2017). Pengembangan Pembelajran Al Qur’an Di Taman Pendidikan Al Qur’ann (TPA) Riyadlus Sholihin Desa Kalicebong Krasak Boyolali Tahun 2016/2017. IAIN Surakarta.

Purwanto, Y., Qowaid, Q., & Lisa’diyah Ma’rifatainiFauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Edukasi, 17(2), 294708. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605

Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di TPQ Ngerang Tambakromo-Pati. Tunas Nusantara, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507

Ridho, M. Z. (2011). Signifikansi Metode (PAR) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (BAZDA Kabupaten Serang). Dedikasi: Journal of Community Engagment, 1(3), 1–13. Retrieved from http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1717

Rubaidi, A. (2010). Radikalisme Islam, Nahdlatul Ulama & masa depan moderatisme Islam di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Sadiah, D. (2018). Strategi Dakwah UIN dalam Menangani Radikalisme di Kalangan Mahasiswa. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 18(2). https://doi.org/10.15575/anida.v18i2.5064

Samsul, A. R. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715

Syafi’AS, A. (2017). Radikalisme Agama (Analisis Kritis dan Upaya Pencegahannya Melalui Basis Keluarga Sakinah)‎. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(1), 352–376. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3165

Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-nilai Moderasi al-Qur’an dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1), 23–46. https://doi.org/10.14421/qh.2020.2101-02




Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]