Pelatihan Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Metode Bernyanyi pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Barokah Di Malangsari Desa Bulusulur

Amir Mukminin, Yekti Prihatin

Abstract


Kelompok masyarakat pada umumnya memiliki sebuah potensi ,budaya dan keunikan tersendiri. Hal itu juga belaku pada masyarakat Malangsari Desa Bulusulur. Di Malangsari terdapat lembaga pembelajaran non formal tentang keagamaan yaitu Taman Pendidikan Al quran (TPA) Albarokah yang bertempat di Masjid Albarokah. TPA disana mengajarkan berbagai materi seputar keagamaan diantaranya Baca Tulis Iqra, dan Alqur’an, Fiqh dan Aqidah Akhlak. Namun penyampaian beberapa materi keagamaan terkadang dirasa sangat membosankan. Oleh karena itu perlu diadakan pelatihan  dalam menyampaikan pembelajaran sehingga suasana belajar menjadi sangat menyenangkan. Pelatihan ialah suatu proses pembiasaan untuk mendapatkan hasil ataupun tujuan tertentu. Dalam pembelajaran Aqidah akhlak sudah pasti bertujuan supaya santri TPA mengenal, mempelajari dan mengamalkan materi materi yang berhubungan dengan keyakinan kokoh yang tersimpan dalam hati dan budi pekerti, tingkah laku, tabiat dll. Hal ini yang mendasari pelatihan kegiatan pembelajaran lebih kreatif dari sebelumnya. Khusus untuk penyampaian materi Aqidah Akhlak yaitu melalui  metode bernyanyi materi tentang adab makan dan minum serta mengenal sepuluh malaikat Allah dan tugasnya menjadi lebih mudah dipahami oleh para santri. Metode penulisan ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah ketika santri  diajarkan tentang materi tersebut menggunakan metode bernyanyi, santri lebih mudah memahami dan menghafal serta besar harapan dengan mengingat dan menghafalnya para santri dapat langsung mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

Keywords


Training, Moral Aqidah, Singing Method

Full Text:

PDF

References


Hasan Basri, R. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. CV Pustaka Setia.

la Ode Ismail Ahmad, M. A. S. Q. (2018). Pemikiran Moderen dalam Islam, Konsep Tokoh dan Organisasi (la Ode Ismail Ahmad, Ed.; 1 ed.). Alauddin University Perss.

Munashikhah. (2020). Akhidah Akhlak (Lilik Huriyah, Ed.; 1 ed., Vol. 1). Direktorat KSKK Madrasah.

Ridwan, & Indra Bangsawan. (2021). Buku Seni Bercerita, Bermain dan Bernyayi. 1–171.

Sugiono (Ed.). (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Thomas Widodo. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan (Thomas Widodo, Ed.). CV Makeda Multimedia Sarana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]