Inovasi Varian Rasa Pada Usaha Keripik Pisang Desa Pallimae Kecamatan Poleang Kebupaten Bombana

Tyas Setyanti, Fifi S, Sri Lutfi Sunani, Tantri Meilani, Aprilia Sandi

Abstract


Pengabdian ini berfokus pada pengembangan salah satu Sumber Daya Alam (SDA) masyarakat di Pallimae Kecamatan Poleang, yaitu usaha aset kripik pisang yang dianggap belum maksimal pemanfaatan dan pengembangannya. Usaha kripik pisang masyarakat Pallimae belum berkembang karena pemasaran dan variasi rasa usaha tersebut kurang bervariasi sehingga daya tarik konsumen sangat minim. Oleh karena itu, pengabdian kami berusaha untuk mengembangkan aset usaha keripik pisang itu dengan melakukan pengabdian berbasis pendekatan Asset Bassed Community Development (ABCD). ABCD merupakan sebuah pendekatan dalam pengabdian kepada masyarakat dengan melihat serta mengetahui kekuatan dan kekurangan dari aset yang ada pada suatu daerah untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya dan berkembang. Pengabdian ini awali dengan melakukan observasi terhadap lokasi terlebih dahulu untuk mengetahui data-data dan aset apa saja yang perlu dikembangkan dengan cara melakukan interview pada masyarakat desa Pallimae. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa variasi rasa baru seperti coklat dan milo memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada variasi rasa keripik pisang sebelumnya. Penelitian ini merekomendasikan untuk peneliti selanjutnya agar melakukan pengabdian lebih lanjut terhadap pengembangan pemasaran usaha keripik pisang

Keywords


ABCD, pengembangan produk, sumber daya alam, variasi rasa.

Full Text:

PDF

References


Ahmad. M. (2014). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipilogi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 7(2),104-113.

Juliannisa. A. I, & Siswantini. T. (2021). PKM: Keripik Pisang Aneka Rasa. Ikraith Badimas, 4(2).

Muhsin. M., & Ahmad. N. S. (2017). Peningkatan Kualitas Dan Produktifitas Kripik Pisang Dengan Mesin Perajang. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2), 11-17.

Priyono. J., Kurniawan. D., & Shintiya. A. (2019). Pembuatan Keripik Pisang Aneka Rasa Khas Jrebeng. Jurnal Abdikarya,3(2).

Tridiarti Y., Nasution. A. H., & Gultom. A. C. (2017). Pengembangan Varian Rasa Produk Rasa Kripik Pisang Industri Rumah Tangga di Kecamatan Percut Sei Tuan.

Fau, J. F. (2016). Pembuatan Pisang Coklat (Piscot)/ Gae Cokola Desa Sisabambowo Kecamatan Aramo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang,2(1), 50–56.

Puspitojati, E. (2010). Optimalisasi Pisang Klutuk Menjadi Produk Olahan Pangan. Syria Studies, 7(1), 37–72. https://doi.org/10.1088/1751-

/44/8/085201


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]