Pengembangan Kemampuan Anak Remaja dalam Menciptakan Muadzin Muda di Masjid Al-Amin Desa Mola Bahari

Serli Sri Wahyuni, Tri Ananda Pratiwi, Rizki Syamsuriadi, Nurdin Nurdin

Abstract


Latar belakang dari pengabdian ini adalah dikarenakan melihat fenomena pada masa sekarang yang dimana banyak anak-anak Desa Mola Bahari masih belum bisa mengumandangkan adzan dengan baik, sehingga muadzin muda di desa ini sedikit dan masih belum ada penerus muadzin yang merupakan remaja masjid Al-Amin. Banyaknya anak yang sering datang kemasjid tetapi, tidak ada pihak manapun yang melakukan proses pengajaran kepada anak-anak tersebut untuk mengumandangkan adzan ketika waktu shalat tiba. Hanya imam-imam dan remaja masjid yang melakukannya. Pengabdian ini menggunakan pendekatan ABCD untuk mengembangkan aset pemuda muslim dalam pelaksanaan ritual agama Islam. Pengabdian ini melahirkan muadzin muda di masjid Al-Amin serta menambah wawasan agama di Desa Mola Bahari. Para muadzin menjadi pembimbing dan pengajar yang berkelanjutan terhadap anak-anak sebaya dan teman-temannya sehingga secara kuantitas dan kualitas terus berkembang setelah pengabdian dilaksanakan.


Keywords


adzan, muadzin, dan pengembangan

Full Text:

PDF

References


Inayati, N.L. (2022). Pelatihan Muadzin Guna Mengurangi Kesalahan Dalam Mengumandangkan Adzan di Masjid Mutaqin Joyosuran Surakarta. Abdi Psikonomi, 31-44.

Ma’sum, T. (2019). Pendampingan Jaringan Komunitas dalam Pengembangan Wahana Belajar Masyarakat di Desa Kedungglugu Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Janaka, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–10.

Samsuri, A., & Vadhila, U. (2021). Pendekatan ABCD untuk Meningkatkan Literasi di Madrasah. Buletin Abdi Masyarakat, 1(2).

Setiawan, W,. Noperi, H., & Fatarib, H. (2020). Pelatihan Pengumandangan Adzan dan Iqomah di Masjid Al-Iman, Desa Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Waykanan, Lampung. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 30-33.

Syarif, A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan dalam Kalimat Azan. Al-Ishlah, 225-251.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]