Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa dan Anak-Anak Remaja Desa Tindoi Timur

Candra Ardan Fadila, Taslima Ningsih, Nirma Wati, Bayti Muthoharoh, Yusniati Yusniati

Abstract


Pemberdayaan ini bertujuan agar peserta memiliki bekal dalam mengoperasikan komputer, Microsoft Word dan Powerpoint yang dapat memanfaatkan komputer dan internet untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi desa, dan dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepada stakeholders terutama dalam hal kinerja efektifitas dan efisiensi di berbagai bidang. Berdasarkan hasil pemberdayaan di desa Tindoi Timur, Kec. Wangi-wangi, Kab. Wakatobi dengan menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) dapat disimpulkan bahwa pendampingan dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan pada perangkat komputer pada program pelatihan komputer tidak akan berhasil tanpa ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan, terutama masyarakat sekitar. Pelaksanaan pemberdayaan berjalan optimal karena pelatihan keterampilan dasar komputer dan teknologi informasi bagi perangkat desa dan anak-anak remaja desa Tindoi Timur menghasilkan perkembangan kualitas aset SDM yang dikuatkan dengan antusiasme dari peserta pelatihan dalam bertanya di antaranya berkaitan dengan pembuatan laporan anggaran yang sesuai dengan aturan, perhitungan pajak dana desa, dan lain sebagainya. Temuan lainnya menunjukkan bahwa adanya pendampingan tim KKN melalui metode ABCD ternyata berdampak pada penambahan wawasan serta keterampilan pada bidang komputer di desa Tindoi Timur


Keywords


Anak Remaja, Keterampilan Dasar; Perangkat Desa; Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Jamun, Yohanes Marryono. “Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara Kabupaten Manggarai”. Randang Tana Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2019): 89–178.

Pahrizal, Anisya Sonita, ve Dwita Deslianti. “Universitas Muhammadiyah Purwokerto Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa Di Kecamatan Air Besi , Kabupaten Bengkulu Utara Computer Basic Skill Training And Information Technology For Village Devices In Air Besi” (2018): 119–123.

Putra, Sandi Justitia, ve Zulhadi. “Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa se-Kecamatan Gangga”. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat (2021).

Salahuddin, Nadhir. Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]