Pelestarian Hutan Mangrove Untuk Menjaga Aset Pantai di Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana

Muhammad Nur, Rosita Amalia, Isnur Sindiningsi, Yusliana Yusliana, Ummi Kalsum

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengembangkan fungsi hutan Mangrove di Kecamatan Poleang yang merupakan salah satu aset utama yang selama ini justru terkesan tidak mendapatkan perhatian masyarakat sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya terhadap pantai. Pelestarian hutan mangrove dapat menjaga terjadinya abrasi dan menjaga ekosistem makhluk hidup serta memberi manfaat untuk masyarakat baik secara kesehatan maupun bernilai ekonomis. Metode yang digunakan dalam pengabdian KKN ini yaitu metode Asset-Based Community Development (ABCD). ABCD adalah sebuah pendekatan dalam pengabdian kepada masyarakat dengan melihat serta mengetahui kekuatan dan asset yang ada untuk mewujudkan masyarakat berdaya. Dalam melaksanakan metode ini terdapat beberapa tahap yang dilakukan yaitu inkulturasi. discovery, dream, design, define. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa adanya lokasi pantai yang mengalami abrasi atau pengikisan bibir pantai dan juga banyaknya tambak ikan masyarakat di daerah pesisir yang menurut Mahasiswa KKN IAIN Kendari akan mempercepat terjadinya abrasi di Kelurahan Boepinang Barat dan Kelurahan Boepinang. Pengabdian dilakukan melalui penyelenggaraan seminar lingkungan serta menyambut Hari Mangrove sedunia dengan melakukan aksi menanam 1.000 bibit bakau di lokasi terjadinya abrasi. Pengabdian melibatkan pemerintah Kecamatan, perwakilan dari siswa SMA, masyarakat dan aparat keamanan. Metode tersebut sangat memudahkan pengabdian dalam mendapatkan data dan bisa dilanjutkan oleh masyarakat selanjutnya.

Keywords


Abrasi Pantai; Bombana; Metode ABCD; Mangrove; Pengembangan; Poleang

Full Text:

PDF

References


Kadir, Masykhur Abdul, Eko S Wibowo, Salim Abubakar, and Nebuchadnezzar Akbar. “Manfaat Mangrove Bagi Peruntukan Sediaan Farmasetika Di Desa Mamuya Kecamatan Galela Timur Kabupaten Halmahera Timur (Tinjauan Etnofarmacologis).” Jurnal Enggano 4, no. 1 (2019): 12–25.

Khairullah, Said, Indra, and Eldina Fatimah. “Persepsi Masyarakat Terhadap Fungsi Hutan Mangrove Dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana ( Studi Kasus Lokasi Penelitian Di Gampong Lamteh Kabupaten Aceh Besar Dan Gampong Pande Kota Banda Aceh ).” Jurnal Ilmu Kebencanaan 3, no. 3 (2016): 110–119.

Motoku, Abner Widoyo, Syukur Umar, Bau Rokok, Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Tadulako, Mahasiswa Fakultas, et al. “Nilai Manfaat Hutan Mangrove Di Desa Sausu Peore.” Warta Rimba 2, no. 2 (2014): 92–101.

Sugiarti, Rita, Achyani Achyani, and Muhfahroyin Muhfahroyin. “Upaya Pelestarian Hutan Mangrove Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur Untuk Meningkatkan Fungsi Hutan Mangrove.” Biolova 1, no. 1 (2020): 25–29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]