Peningkatan Kualitas Keberagamaan Masyarakat Desa Kampoh Cina Melalui Pendampingan Kegiatan Pembelajaran dan Program berbasis Lingkungan

Dea Tri Sundari, Mutmainnah Mustari, M Hisbullah, Oksa Datu Rizal

Abstract


Pengabdian ini difokuskan di Desa Kampoh Cina dengan program pendampingan beragama kegiatan pembelajaran keagamaan terhadap masyarakat muslim. Kualitas baca tulis al-Qur’an anak-anak dan pengetahuan dasar serta praktik keislaman umat Islam yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam baca tulis al-Qur’an dan peningkatan kesadaran serta praktik ritual keagamaan lainnya. Pengabdian ini dilakukan dengan pendekatan Asset Based Community Develpomen (ABCD). Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa pendampingan dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an, pelaksanaan Tabligh Akbar, serta kegiatan rutin Jumat Bersih memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an anak-anak muslim dan intensitas ibadah dan aktifitas keagamaan muslim di Kampoh Cina. Untuk itu, adapun upaya yang dapat dilakukan untuk lebih memberdayakan para generasi dan masyarakat muslim secara umum  adalah peningkatkan intensitas dan kualitas pendampingan berbasis lingkungan dan keagamaan.


Keywords


Kuliah Kerja Nyata, Pendampingan Belajar, Anak-anak Desa Kampoh Cina.

Full Text:

PDF

References


Ismaulina. “Program Pelatihan Dan Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Dengan Metode Iqra ( Studi Kasus Gampong Bale Purnama Kecamatan Permata.” Rambideun : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2020): 6–10.

Iswanto, Juni, and Asichul In’am. “Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Pegon Bagi Guru Dan Santri Di TPQ Dan Madin Baiturrohman Sugihan Duren Sawahan Nganjuk.” Janaka, Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (2021): 1–11.

Mahalli, Mahalli -, Khalimatus Sadiyah, and Sa’adatul Kholili. “Pendampingan Pembelajaran Baca Tulis Al Quran Pada Siswa Sd Negeri 2 Kuwasen Jepara.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin 4, no. 3 (2021): 148–153.

Muniarty, P, W Wulandari, A Ansyarif, and ... “Pendampingan Baca Tulis Al Quran Bagi Anak-Anak Di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima.” Jumat Keagamaan … 2, no. 2 (2021): 4. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1906.

Muttaqin, Ahmad Izza, and Riza Faishol. “Pendampingan Pendidikan Non Formal Diposdaya Masjid Jami’an-Nur Desa Cluring Banyuwangi.” Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2018): 80–90. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kami/article/view/235.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]