Pemanfaatan Aset Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Alternatif Pengganti Kayu Bakar di Desa Otipulu Kecamatan Wawolesea

Elly Ermawati, Jamal Afdillah, Saraswati Saraswati, Dilly Aristi

Abstract


Desa Otipulu salah satu desa yang terletak di Kecamatan wawolesea, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Desa Otipulu dikenal sebagai desa yang banyak menghasilkan kelapa dan cengkeh. Kelapa dapat diolah oleh masyarakat menjadi berbagai produk. Industri pengolahan buah kelapa umumnya masih berfokus kepada pengolahan hasil daging buah sebagai hasil utama, sedangkan industri yang mengelola hasil samping buah seperti air, sabut, dan tempurung kelapa masih secara tradisional dan berskala kecil. Program Pengabdian Masyarakat Unggulan dilaksanakan melalui kerjasama dengan masyarakat desa Otipulu. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset Baset Community Development (ABCD). Pendekatan dalam pengembangan masyarakat yang menekankan pada kemandirian masyarakat dan terbangunnya sebuah tatanan kesadaran dan pengakuan atas kekuatan dan aset yang dimiliki masyarakat. Tempurung kelapa sebagai aset besar di daerah diolah menjadi briket dan dimanfaatkan sebagai pengganti kayu bakar masyarakat di desa Otipulu. Hasilnya pembuatan dengan skala besar dan sudah menjadi komoditi ekspor ke luar negeri.

Keywords


Briket Arang; Energi Baru; Tempurung Kelapa

Full Text:

PDF

References


Arkan, F. (2017). Pemanfaatan Tempurung Kelapa Untuk Pembuatan Briket Arang Sebagai Potensi Energi Baru Penggantri Bahan Bakar Gas Di Desa Zed Kabupaten Bangka. Provided By Universitas Bangka Belitung: Open Journal Systems , 41-45.

Budi, E. (2017). Pemanfaatan Briket Arang Tempurung Kelapa Sebagai Sumber Energi Alternatif. Sarwahita, XIV, 81-84.

Marwanza, I., Azizi, M. A., Nas, C., Patian, S., Dahani, W., & Kurniawati, R. (2021). Pemanfaatan Briket Arang Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Bakar Alternatif Di Desa Bnajar Wangi, Pandegelang, Provinsi Banten. Akal: Jurnal Abdimas Dan Kearifan Lokal, II, 82-88.

Warokka, A., & Sirun, A. (2018). Pembuatan Briket Arang Tempurung Kelapa Hasil Proses Pirolisis. Teknologi Inprastrukturn Berkelanjutan, I, 52-61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]