Pemberdayaan Majelis Ta’lim Dalam Pembinaan Keagamaan Generasi Muda

Basrul Basrul, Ade Putri, Euis Rosinta, Anisa Sentia Ningsih, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Pengabdian ini difokuskan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan kegiatan keagamaan. Lokasi pengabdian ini adalah Desa Matahora Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Metode yang digunakan dengan metode ABCD (Asset Based Community-Driven Development). Majelis ta’lim sebagai strategi dakwah dan tabligh yang Islami yang memiliki corak yang berperan penting pada pembinaan dan peningkatan kualitas hidup umat Islam sesuai tuntunan ajaran Islam. Hasil yang diperoleh di antaranya adalah bertambahnya wawasan dan ilmu agama masyarakat Desa Matahora khususnya generasi muda, memberikan semangat kepada kelompok Majelis Ta’lim agar tetap semangat menebar dakwah di kalangan generasi muda, membantu peran orang tua dalam mendidik akhlak anak, mempererat tali silaturrahim, membantu masyarakat dalam mempertahankan dan mengembangkan kegiatan keagamaan di Desa Matahora, memberikan pemahaman secara tidak langsung kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga tradisi baik dalam bidang keagamaan. Masyarakat sangat mengapresiasi terlaksananya berbagai kegiatan keagamaan yang dipelopori oleh para pengabdi masyarakat


Keywords


Generasi Muda; Keagamaan; Majelis Ta’lim; Pendampingan; Pembinaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Kamsi, N. (2017). Peranan Majelis Taklim dalam Penanaman Nilai-Nilai Islam di Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau. Manthiq, 2(1), 49–58.

Lukman, S., Abidin, Y. Z., & Shodiqin, A. (2020). Peranan Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 65–84. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i1.802

M. Surip, Elly Prihasti W, R. B. (2020). Pendampingan dan Sosialisasi pada Usaha Toko Kelontong dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Literasi Usaha Toko Kelontong. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.

Ma’sud, M. (2021). Efektivitas Majelis Taklim Dalam Pengembangan Pendidikan Keagamaan. AL-ISHLAH, 19(1), 53–74.

Mustofa, M. B., Iqbal, R., Budianto, A., & Hidayat, N. (2022). Integrasi Tradisi Literasi Keagamaan ( Yasinan ) Dalam Integration of Religious Literacy Traditions ( Yasinan ) in the Creation of a Culture of Community Harmony. 5(1), 51–59.

Nur’azizah, N. (2021). The Role of the Ta’lim Council and Sholawat Syubbanul Musthofa in Improving the Religious Character of Youth in Sooko Village, Sooko District, Ponorogo Regency. Skripsii IAIN Ponorogo, April, 1–118.

Nurmawati, Hafsah, A. (2016). Kontribusi Majlis Taklim dalam menanamkan pendidikan karakter terhadap remaja masjid desa cinta rakyat Kec. Percut Sei Tuan. TAZKIYA, Vol. V, No. 1, Januari-Juni 2016, V, 1.

Rasyid, M. R. (2016). POLA INTERAKSI SOSIAL ETNIS BUGIS MAKASSAR: Dinamika Kerukunan Hidup Umat Beragama di Kota Sorong. Al-Qalam, 20(1), 75. https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.179

Suroiyah, E. N., & Hikmawati, S. A. (2021). Peran ABCD Pada KKN-DR (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah) Di Era Covid-19 Tahun 2021. 2, 32–40. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/207.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]