Pengembangan Pariwisata Marina Togo Mowondu untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Wanci Wakatobi

M. Akbar, Dina Aprilia, Inayah Nur Fadhillah, Mutiara Musri, Afifatun Nadziroh D.

Abstract


Marina Togo Mowondu merupakan aset pariwisata yang berada di Kelurahan Wanci Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan aset tersebut dengan menerapkan pengabdian strategis untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar. Metode pengabdian ni menggunakan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD). Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa Strategi Pengembangan Pariwisata Marina Togo Mowondu berfokus pada kebersihan dan keamanan linkungan destinasi wisata dan promosi wisata Marina Togo Mowondu. Strategi pengembangan dilakukan dengan membentuk relawan kebersihan dan keamanan dari Karang Taruna lingkungan Oguu dan Teekosapi Kelurahan Wanci serta mempromosikan pariwisata marina Togo Mowondu di sosial media dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di Pulau Wakatobi khususnya Kelurahan Wanci

Keywords


Marina Togo Mowondu; Pengembangan Wisata; Wanci; Wakatobi

Full Text:

PDF

References


Ahmad Afan Zain, Muslih. “Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Melalui Home Industri Dengan Memanfaatkan Kain Perca di Desa Kranji Paciran Lamongan. “Keris: Journal of Community Engagement 1, no. 1 (2021): 20-24.

Ajeng wulandari, Alexander M. A. Khan. “Wisata Kelautan Beekelanjutan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara: Sebuah Studi Tentang Persepsi Masyarakat Kawasan Pesisir. “Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya 11, no. 2 (2020): 155-161.

Syamsul Bachri, Muhammad Al Dilwan. “Pariwisata Wakatobi dalam Perspektif Produksi Ruang. ”Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan 4, no. 4 (2019): 1496-1503.

Megawati A. Tawulo, Ranti Afriani. ”Dampak Pengembangan Pariwisata Marina Togo Mowondu Terhadap Kondidi Sosial Budaya dan Ekonomi Masyarakat.”Gemeinschaft: jurnal masyarakat pesisir dan pedesaan 3, no. 1 (2021): 17-22.

Fitrawan Umar. ”Strategi Pengembangan Wisata Non-Bahari di Kawasan Waha, Pulau Tomia, Kabupaen Wakatobi.” Linears: Jurnal Ilmu Arsitektur 1, no. 1 (2019): 12-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]