Pemanfaatan Lahan Kosong sebagai Tempat Pemberdayaan Tanaman Apotik Hidup di Mandati II Wakatobi

Dwi Indah Wijayanti. S, Mispayani Mispayani, La Ode Yusril, Ririn Arianti, Febrianti Indra Rukmana Putri

Abstract


Kelurahan Mandati II di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi memiliki sejumlah lahan kosong non-produktif yang berada di sekitar pemukiman warga yang sejatinya merupakan aset penting. Pengabdian dalam pengembangan aset lahan non-produktif dilakukan dengan menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development). Metode ABCD merupakan suatu metode dalam pengembangan masyarakat dengan mengupayakan terwujudnya suatu tatanan kehidupan sosial dimana masyarakatlah yang menjadi pelaku dan penentu upaya pembangunan di lingkungannya yang seringkali disebut dengan Community-Driven. Metode ABCD dirasa tepat diterapkan karena berbasis aset yang selaras dengan potensi yang dimiliki di Kelurahan Mandati II, Metode ABCD memiliki enam tahapan yang meliputi; Discovery, Dream, Design, Define, Destiny, dan Reflection. Dengan menggunakan metode ini sangat membantu dalam proses terlaksananya pemanfaatan lahan di Kelurahan Mandati II sebagai tempat pemberdayaan tanaman Apotik hidup. Tanaman Apotik hidup merupakan tanaman obat yang dapat ditanam di sekitar rumah atau lahan kosong yang dapat memberikan banyak manfaat. Dalam pelaksanaan pengabdian mahasiswa membuat Apotik hidup dengan menanam sereh, kencur, kunyit, dan jahe. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberi pengetahuan baru bagi masyarakat agar dapat mengolah lahan yang awalnya kosong atau tidak terpakai menjadi lahan yang dapat menghasilkan dan mempunyai daya guna, yang dimana dengan terlaksananya kegiatan ini juga diharapkan ke depannya pemanfaatan lahan pekarangan menjadi lebih produktif dan bernilai ekonomis.


Keywords


Pemanfaatan Lahan; Apotik Hidup; Mandati; Wakatobi

Full Text:

PDF

References


Pambudi, Inang, Dolina. & Erlangga, Yudha, Rezqi. “Pemanfaatan Lahan Kosong Sebagai Tanaman Obat Keluarga Warga Prancak Dukuh Panggungharjo Sewon, Bantul, Yogyakarta” Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2, No. 2, Agustus (2018): 348-350.

Hasan, Nur. dkk. “Pemanfaatan Lahan Desa Sebagai Tempat Penanaman Bunga Untuk Memperindah Desa.” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1, No. 3, Juli (2020): 224.

Atmojo, Eko, Muhammad. & Darumurti, Awang. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA).” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4, No. 1, Februari (2021): 100-101.

Sahroni, Dadang. dkk. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penanaman TOGA Buah Lemon Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1, No. 1, April (2022): 26-28.

Daryono. dkk. “Pembudidayaan Tanaman Sayur Dengan Media Tanam Pada Polybag Dan Pemanfaatan Lahan Kosong.” Communnity Development Journal Vol. 1, No. 3, November (2020): 263-264.

Maulana, Akbar. dkk. “Strategi Pembangunan Desa Melalui Pemanfaatan Lahan Kosong Untuk Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Desa Sumberketempa Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.” Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata Volume: 01, Nomor: 01, (2020): 16-20.

Mahriadi, Nopriawan. dkk. “Pemberdayaan Masyarakat Rawa Tanjung Berbasis Pemanfaatan Lahan Kosong Menjadi Produk yang Memiliki Nilai Ekonomi.” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) Vol. 1, No. 2 November (2021): 218.

Prayitno, Aji, Mustofa. & Fadly Wirawan. “Pelatihan Pemanfaatan dan Pendampingan Pembuatan QRIS (QR Code Indonesian Standard) Sebagai Media Digitalisasi ZIS di Desa Glinggang Kabupaten Ponorogo.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4, No. 2, (2022): 546-547.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]