Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Pemasaran Olahan Singkong dan Ikan di Kelurahan Wanci

Dini Trisila, Fitri Nur Fajrin, Radha Damaryanti, Utsman Utsman, Danial Danial

Abstract


Kelurahan Wanci memiliki banyak aset yang dapat dikembangkan salah satunya yaitu olahan singkong dan ikan yang beraneka ragam. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran produk olahan singkong dan ikan yang a da di Kelurahan Wanci dan memberikan informasi serta pelatihan kepada masyarakat Kelurahan Wanci dalam pemanfaatan strategi pemasaran secara digital guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Kelurahan Wanci dengan memanfaatkan media sosial Facebook.  Metode pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan Asset-based Community Development (ABCD). Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan singkong dan ikan di Kelurahan Wanci sangat baik hal ini terbukti dengan berbagai macam produk yang dihasilkan dengan memanfaatkan singkong dan ikan, namun pemanfaatan teknologi dalam membantu meningkatkan pemasaran produk di Kelurahan Wanci masih kurang,  sehingga diperlukannya strategi yang tepat untuk mengembangkan pemasaran produk secara luas yaitu dengan mengadakan sosialisasi digital marketing dengan menggunakan media sosial Facebook sebagai wadah pemasarannya. Setelah adanya pelatihan pemasaran produk secara digital marketing pemasaran produk olahan singkong dan ikan sudah mulai meningkat dimana para pedagang di Kelurahan Wanci sudah memasarkan produknya hingga ke luar daerah.

Keywords


Digital marketing; Ikan; Olahan; Singkong; Wanci

Full Text:

PDF

References


Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang”. Jurnal Dialektika, 4(2), 5–6.

Julianti, A., Fadilla, F., & Faizal, M. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial Facebook Dalam Perkembangan Umkm Gulo Puan Di Desa Bangsal Kecamatan Pampangan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA, 1(2), 125–134.

Prasetiawan, N. R. (2022). Komoditas Perikanan Pulau Wangi-Wangi. Jurnal Of Fisheries and Mariane Research, 4(1), 160–16.

Prastiyo, B., Eliyani, Y., Saman, A., & Hendriawan, B. (2021). Pendampingan Pelaku Usaha Melalui Dempond Pembenihan Ikan Lele (Clarias gariepinus) dan Pemasaran di Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung”. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 15(3), 333–351.

Sembiring, E. B., Neta, F., Nashrullah, M., Wirawan, A., & Lumombo, L. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Rempang Cate Melalui Pelatihan Pemasaran Digital untuk Produk Unggulan Pasir Panjang”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 1(2), 104–117.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F., N., R., M., S., M., M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM”. Community Empowerment, 6(1), 42–47.

Wahyuni, S. & Rifki Khoirudin. (2018). PengantarManajementAset. Makassar: CV Nas Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]