Produksi Peyek sebagai Upaya Peningkatan Aset Ikan Teri di Desa Matabundu

Chumrotul Aini, Nur Ida, Wa Ode Hasna Wati, Putri Aisah Fadhilla, Marzuki Marzuki

Abstract


Desa Matabundu merupakan salah satu desa pemekaran yang ada di Kecamatan Poleang Barat Kabupaten Bombana yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. Masyarakat memiliki asset berupa ikan tangkapan yang tidak dimaksimalkan pengolahannya hingga bisa bernilai ekonomi tinggi. Oleh karena itu pada pengabdian masarakat kali ini mempunyai tujuan untuk membantu mengembangkan asset yang telah ada dengan metode pendekatan ABCD (Asset Base Community Development), dengan cara melakukan wawancara mendalam dengan masyarakat yang bekerja sebagai nelayan, setelah itu merancang strategi untuk mewujudkan impian masyarakat Desa Matabundu, lalu berdikusi dengan kepala desa atau yang dipercaya untuk menjadi ketua dengan menentukan topik yang positif guna untuk meningkatkan sumberdaya masyarakat, kemudian melakukan strategi yang telah dirancang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Matabundu banyak berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan para nelayan rata-rata adalah ikan teri nasi kemudian ikan itu dijemur menjadi ikan kering lalu dipasarkan. Untuk mengurasi resiko bau tengik dari ikan kering, maka diperlukan pendampingan yaitu dengan cara memanfaatkan ikan teri kering menjadi produk peyek penjang.

Keywords


Produksi, Peyek, Ikan Teri Nasi, Bombana

Full Text:

PDF

References


Aryati E, Endah, and Agustin Wulan Suci Dharmayanti. “Manfaat Ikan Teri Segar (Stolephorus Sp) Terhadap Pertumbuhan Tulang Dan Gigi.” ODONTO : Dental Journal 1, no. 2 (2014).

Ayu, Bunga Woro, R Hanung Ismono, and Achdiansyah Soelaiman. “Analisis Nilai Tambah Pada Klaster Industri Pengolahan Ikan Teri Kering Di Pulau Pasaran Kota Bandar Lampung.” Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science 1, no. 3 (2013).

Falakhunnisa, Qurotul Aini, and Milna Wafirah. "Pemanfaatan Media Sosial Dalam Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Desa Gunungpring". Khidmatan, no. 1 (2021).

Fahmi, A Suhaeli. “Kemunduran Mutu Dan Umur Simpan Ikan Teri Nasi Setengah Kering (Stolephorus Spp) Selama Penyimpanan Dingin.” Jurnal Saintek Perikanan : Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology 11, no. 1 (2015).

Herliani, Dinna Dwi. “Pengaruh Penambahan Ikan Teri (Stolephorus Commersonii) Dan Suhu Pengeringan Terhadap Karakteristik Dendeng Batang Talas (Colocasia Esculenta (L) Schott).” Fakultas Teknik, Universitas Pasundan, no. L (2016).

Ilmiah, Jurnal, and Esai Volume. “ISSN No . 1978-6034 Factors Affecting Production Of Salted Anchovy Fish Preservation At Labuhan Maringgai Subdistrict East Lampung Regency Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Pengawetan Ikan Asin Teri Di Pendahuluan” 7, no. 1 (2013): 1–14.

Ohoiwutun, Maria Kristina, Elisabeth Cory Ohoiwutun, and Cawalinya Livsanthi Hasyim. “Peningkatan Kualitas Ikan Teri Kering Di Desa Sathean, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara.” Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 3, no. 2 (2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]