Pemanfaaatan Aset Serbuk Kayu Sebagai Pengganti Kayu Bakar di Desa Anggondara Kecamatan Palangga

Kaharuddin Kaharuddin, Sahrul Gunawan, Ulfa Wulandari, Pipi Suriani, Septi Septi, Irliana Hardianti, Ayyub Kadir

Abstract


Desa Anggondara di Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki banyak potensi kayu Jati. Pohon jati lazimnya diolah menjadi balok dan papan oleh masyarakat. Potensi dari pengolahan limbah serbuk akan menjadi suatu hal yang penting. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada Masyarakat atas  manfaat dari limbah yang selama ini tidak bernilai apa-apa dengan demikian limbah serbuk kayu dapat bernilai dan bermanfaat. Adapun desain dan metode pengabdian pada penelitian ini yaitu dengan melakukan sosialisasi akan potensi yang ada pada desa Anggondara yaitu pemanfaan limbah serbuk kayu gergaji. Kemudian pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset Baset Community Development (ABCD). Pendekatan ini menekankan pada masyarakat agar dapat mengelola aset yang ada pada desa ini. Setelah Pendampingan oleh mahasiswa KKN didapatkan bahwa limbah yang tidak diolah yang hanya dibuang dan dibakar ternyata dapat diolah menjadi suatu produk yang bernilai dengan diubah menjadi briket. Briket yang merupakan salah satu komoditi unggulan untuk di ekspor keluar negeri. Hal ini menjadi peluang bagi Masyarakat untuk memaksimalkan potensi yang ada di Desa Anggondara.


Keywords


Anggodara; kayu Jati; limbah kayu; pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Aprianto, R. (2023, Agustus). KKN Mahasiswa Kimia Undip: Mengubah Limbah Serbuk Gergaji menjadi Briket untuk Pertumbuhan Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan. Adminkimia.

Ermawati, E., Afdillah, J., Saraswati, & Aristi, D. (2022). Pemanfaatan Aset Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Alternatif Pengganti Kayu Bakar di Desa Otipulu Kecamatan Wawolesea. 1(2), 105–106.

Ilyas, A. M. (2016). Bubur Kertas Untuk Perekat Briket Serbuk Gergaji Sebagai Sumber Energi Alternatif. Jurnal Ilmiah SETRUM, 5(2), 67.

kompasiana. (2022, Agustus). Mahasiswa KKN Unej Menyulap Serbuk Kayu Menjadi Briket Arang sebagai Bahan Bakar Alternatif yang Dapat Diperbarui (Renewable). Kompasiana.

Mazidatul, F., Rizky, A., Zamroni, A., & Khasan, U. (2022). Pembuatan Briket sebagai Salah Satu Upaya Pemanfaatan Limbah Pertanian Bonggol Jagung di Desa Tampingmojo. PERTANIAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2).

Saleh, A., Lin, N., Suci, M., & Nurrahma, A. (2017). Analisis Kualitas Briket Serbuk Gergaji Kayu Dengan Penambahan Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Bakar Alternatif. Al-Kimia, 5(1), 22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pabitara : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
Email: [email protected]