Pemanfaatan Media Sosial Dan Pembiayaan Bank Umum Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro Dan Kecil Di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari

Nurjannah Nurjannah, Alfian Toar

Abstract


Salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan kinerja UMKM adalah penggunaan teknologi informasi. Tercapainya kinerja yang positif tentunya dengan meningkatkan daya saing UMKM. Penggunaan teknologi informasi akan mampu meningkatkan transformasi bisnis, ketepatan, dan efisiensi pertukaran informasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 10 sampel Usaha Mikro dan Kecil ada 90% yang telah memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran produk. Media sosial yang dominan digunakan oleh pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari adalah media sosial facebook. Media sosial telah memberikan banyak kontribusi terhadap pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari yaitu, meningkatkan penjualan produk, membangun kesadaran merek, serta memudahkan interaksi secara online dengan konsumen. Pembiayaan bank umum syariah masih minim dimanfaatkan oleh pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari. Dari 10 sampel Usaha Mikro dan Kecil hanya ada 1 pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang memanfaatkan pembiayaan di bank umum syariah yaitu dalam bentuk akad mudharabah. Disamping itu mayoritas dari pelaku Usaha Mikro dan Kecil terus memutar keuntungan penjualannya sehingga sangat minim pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang menggunakan jasa bank umum syariah dalam menyimpan modal usahanya.


Keywords


Pemanfaatan Media Sosial, Pembiayaan Bank Umum Syariah, Pengembangan Usaha, Usaha Mikro dan Kecil

Full Text:

PDF

References


Agung, Muhammad, Dharmawan, Efektivitas Endorsement Non-Selebrity Dalam Membangun Citra Merek Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kota Makassar, (Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019)

Asnawi, Nur & Asnan, Muhammad, Fanani, Pemasaran Syariah Teori, filosofi &isu-isu kontemporer, (Depok: Rajawali Pers, 2017)

Ayodya, Wulan. “UMKM 4.0, (Strategi UMKM Memasuki Era Digital)”.(Jakarta: PT Elex Media Kompetindo, 2020)

Bahri, Syabbul, Hukum Promosi Produk Dalam Perspektif Hukum Islam, Jurnal Epistemé, Vol. 8, No. 1, Juni 2013

Chaffey, Dave. Digital Business and E-Commerce Management. Strategy, Implementation, and Practice

Danim, Sudarwan. Menjadi Peneliti Kualitatif. (Bandung: Pustaka Setia, 2002)

Dedi Purwana ES, dkk, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”

Dwi, Bambang, Atmoko. Instagram Handbook, (Jakarta: Media Kita, 2012)

Dwi, Indah, Pratiwi. Penelitian Indah Dwi Pratiwi tahun 2019 dalam skripsi yang berjudul “Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Melalui Marketing Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pusat Layanan Usaha Terpadu dan Pelaku Industri Kerajinan Tapis di Bandar lampung), (Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019)

Faisal, Afiah, Metode Penelitian Sosial, (Jakarta: Erlangga, 2001)

Gunawan Imam, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Bumi Aksara 2013)

Hafsah, M.J. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop Nomor 25 Tahun XX

Iman, Daniel, K. dkk, “Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial terhadap Kesadaran Konsumen pada Produk Internasional”, Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Vol.24 No. 1 Juli 2005

Jauhari, Jaidan. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Universitas Sriwijaya Vol 2 No.1

Kaplan, Andreas, and Haenlein, Michael. “Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media”. Kelley School of Business, Business Horizon, Vol. 53, No. 1.2010,

Kuncoro, Mudrajad. 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008

Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002)

Morissan. 2007. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Ramdina Prakarsa.

Muttaqin, Zainal,“Facebook Marketing Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern”, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 1 No. 2, Juli 2011

Nisrina M, Bisnis Online, Manfaat Sosial Media Dalam Meraup Uang, (Yogyakarta: Kobis, 2015)

Paramitha, Cindy, Rizal Putri. Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Palanggan dalam Bidang Kuliner. Thesis. Semarang: fak. Ekonomi UNDIP

Pradiani, Theresia. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Berbasis dan Ekonomi Asia (JIBEKA) Vol. 11 No. 2

Purwana, Dedi, E.S. dkk, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”.

Rachmawati, Fitri. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. (Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018)

Sanjaya, Ridwan dan Taringan, Josua. Creative Digital Marketing

Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006)

Setiadi, Nugroho J.2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Slamet, Salim, Penerapan e-Commerce Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah yang Berdaya Saing Global (Studi Kasus pada Sentra Industri Keripik Tempe Sanan Kota Malang)”, (Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2010)

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung : Alphabeta), 2005

Supardi, Julian. 2009. Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri Vol 1 No 2




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/robust.v1i1.2666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Robust: Research of Business and Economics Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Robust: Research of Business and Economics Studies, Indexed In

free web
stats
View Robust Stats

Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: jurnal.febiiainkendari@gmail.com

pafimemet.org

dajjal.us

dajjal.shop

dutasukses.com

sinikangenwin.com