Analisis Inovasi Pelayanan Administrasi Dalam Meningkatkan Kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Kolaka Utara

Ahmad Hamid, Wiwin Sultraeni, Jacob Breemer

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Inovasi pelayanan administrasi dalam meningkatkan kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten KOLAKA UTARA. Penelitian kualitatif ini menggunakan studi kasus deskriptif. Informan penelitian berjumlah tujuh orang yang ditentukan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi pelayanan administrasi dalam meningkatkan kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten KOLAKA UTARA dilakukan melalui inovasi konseptual untuk meningkatkan kemampuan memperkenalkan misi baru, pandangan, tujuan, strategi dan rasional baru oleh Dinas Perhubungan Dinas Perhubungan Kabupaten KOLAKA UTARA. Inovasi delivery dilakukan dengan cara-cara yang diubah dalam menyelesaikan masalah, memberikan layanan atau berinteraksi dengan pelanggan dengan tujuan untuk memberikan layanan khusus pada Dinas Perhubungan Kabupaten KOLAKA UTARA. Inovasi interaksi sistem dilakukan melalui cara-cara baru atau yang diubah dalam berinteraksi dengan pihak lain, baik itu pelanggan maupun organisasi lain pada Dinas Perhubungan Kabupaten KOLAKA UTARA

Kata Kunci. Inovasi, Pelayanan Administrasi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Agesti Dwi Pratiwi, 2018. Inovasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Sistem Uji Keur (Studi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo) Ilmu Administrasi Negara, FISH, UNESA, Vol 6, No 1 (2018).

Halvorsen, J. Griebel, C.P., Golemon, T.B., and Day, A.A., 2005. Management of Spontaneous Abortion. American Family Physician 72 (7): 1243-1250.

Haslinda, 2018. Efektivitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor(Studi pada Kantor Unit Pelaksana Teknik Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Kendari) Neo Societal. Vol 6, No 12 September 2018 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas halu Oleo.

Ilham, 2016 Inovasi Pelayanan Dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor Pada UPTD Samsat Kota Bukittinggi. JOM FISIP Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016.

Kelviyara Miracle, 2018. Nilai-Nilai Inovasi Pelayanan Publik (Studi tentang Program Sistem Inter-operabilitas Database Jembatan Timbang dengan UPKB Di Dinas Perhubungan & LLAJ Provinsi Jawa Timur). Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Airlangga, Surabaya Volume 6, Nomor 3, September-Desember 2018.

Larasati S, Endang. 2007. Regulasi Pelayanan Publik di Indonesia. Semarang:Universitas Diponegoro

Lesmana Rian Andhika (2018) Elemen Dan Faktor Governansi Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah. Inovasi Pembangunan – Jurnal Kelitbangan | Volume 6 No. 3

Lolita Deby Mahendra Putri (2018) Efektifitas Inovasi Kebijakan Publik; Pengaruhnya pada kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol 3 No. 9 Agustus 2018.

Mahsun, 2006. Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : BPFR-UGM

Mardiasmo, 2002. Strategi Pelayanan Publik. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Marten Prasetyo Junior (2016) Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus Perizinan Penanaman Modal di BPPT Kota Semarang). Jurusan Ilmu Pemerintahan Vol.5 No. 7, Maret 2016.

Muluk, Khairul M. R. 2008.Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Malang: Bayumedia Publishing

Sinambella, Poltak, Lijan., 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara

Sulistiyani dan Rosidah, 2009. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Penerbit Andi

Sutarno, 2012. Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Werdana, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/robust.v1i1.2877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Robust: Research of Business and Economics Studies



Robust: Research of Business and Economics Studies, Indexed In

free web
stats
View Robust Stats

Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

pafimemet.org

dajjal.us

dajjal.shop

dutasukses.com

sinikangenwin.com