Strategi Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi : Eks MTQ Kota Kendari)

Abdul Wahid Mongkito

Abstract


Merebaknya virus Covid-19 diberbagai penjuru dunia khususnya di Kota Kendari menyebabkan terjadinya perubahan yang sangat signifikan terhadap pendapatan para pelaku usaha mikro yang berada di Eks MTQ Kota Kendari bahkan ada beberapa yang menutup sementara usaha yang dijalani.

Sehingga hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk mengetahui strategi peningkatan usaha yang dilakukan pelaku usaha mikro di Eks MTQ Kota Kendari pada masa pandemi Covid-19 dan perspektif etika bisnis Islam terhadap strategi peningkatan pelaku usaha mikro Eks MTQ Kota Kendari.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan metode yang digunakan melalui metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi.teknik analisis data yang digunakan adalah verifikasi. Dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triagulasi sumber.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi peningkatan usaha yang dilakukan pelaku usaha mikro Eks MTQ Kota Kendari yaitu dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, beralih ke penggunaan media online, dan menerapkan promo pada penjualan. Dan strategi peningkatan usaha yang dilakukan pelaku usaha Eks MTQ Kota Kendari telah sesuai dengan perspektif etika bisnis Islam yakni diantaranya kejujuran, amanah, adil, tidak melakukan gharar, dan tidak melakukan penimbunan barang namun sebagian ada yang masih belum menunaikan shalat lima waktu sebagai kewajibannya.

Keywords


Peningkatan Usaha Mikro, Etika Bisnis Islam, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alharis, M. B. (2020). Tinjauan Etika Bisnis Islam Pada Strategi Marketing BMH Kediri di Tengah Pandemi Covid-19. Istithmar: Journal of Islamic Economic Development, 4 (2).

Almuttaqi, A. I. (2020). Kekacauan Respons Terhadap Covid-19 di Indonesia. The Insights, 1 (13).

Anindya, D. A. (2017). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pada Wirausaha di Desa Delitua Kecamatan Delitua, At-Tawassuth, 2 (2), 391.

Dhamayantie, E., Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik dan Kompetensi Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kinerja UMKM, Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 11 (1).

Diana, R. A. (2019). Pengaruh profitabilitas Leverage Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance (Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2013-2017).

Frima, R., Surya, F. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja UMKM di Kota Padang, Jurnal Akuntansi & Manajemen, 13 (1).

Hulaimi, A., Sahri & Huzaini, M. (2017). Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 2 (1).

Khasanah, F. N., dkk. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, (1).

Kumalasari, B. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Manajemen, 7 (3), 786

Kurniawansyah HS, H., Salahuddin, A. M., Nurhidayati, S. (2020). Konsep Kebijakan Strategis dalam Menangani Eksternalitas Ekonomi dari Covid-19 pada Masyarakat Rentan di Indonesia. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1 (2). 130-139.

Lubis, S. L., Ashari, A. G. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Pelanggan Terhadap Pelayanan Karyawan Di Hotel Mega Permata Kota Padangsidimpuan. Wahana Inovasi, 5 (2).

Mahalizikri, I. F. (2019). Membangun dan Mengembangkan Serta Meningkatkan UMKM di Desa Tenggayun. Iqrishaduna, 8 (2).

Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jesya: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4 (1).

Nasution, D. S. (2018). Peningkatan Kapasitas Manajemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Sektor Industri UKM Roti Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Menuju Industri Mandiri. Jurnal Transformasi, 14 (1).

Norvadewi. (2015). Bisnis Dalam Perspektif Islam. Al-Tijary, 1 (1).

Prasetyo, P. E. (2008). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran. Akmenika UPY, 2.

Rahmana, A. Iriani Y., Oktarina R., (2012). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan. Jurnal Teknik Industri, 13 (1).

Sabana, A. A., Kalsum, U., Imran, M. Sari, N. K., Santri, D. (2019). Analisis Implementasi Prinsip Bisnis Ala Rasulullah oleh Groceries Stall di Pasar Sentral Kota Kendari. Li Falah, 4 (2).

Safitri, I. L. K. (2016). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Kalbe Farma Tbk Periode 2007-2014). Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 2 (2).

Sarmigi, E. (2020). Analisis Pengaruh Covid-19 Terhadap Perkembangan UMKM di Kabupaten Kerinci. Al-Dzahab, 1 (1).

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6 (1).

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokbis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 19 (1).

Suparman, E. N., Sakti, F. T., Anwar, H. S. (2020). Covid-19: Kebijakan Mitigasi Penyebaran dan Dampak Sosial Ekonomi di Indonesia.

Triyani, W., Mahmudi, B., Rosyid, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 – 2016). Tirtayasa Ekonomika, 13 (1).

Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial). Jurnal Manajemen. (8).

Yunus, N. R., Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syari, 7 (3).

ARTIKEL

Syamhudi, A. A. K. 9 April 2021. Jual Beli Gharar. Almanhaj.or.id. https://almanhaj.or.id/2649-jual-beli-gharar.html

Tuasikal, M. A. 1 Maret 2021. Hukum Menimbun Barang untuk Menjualnya Lebih Mahal. Rumaysho.com. https://rumaysho.com/24328-hukum-menimbun-barang-untuk-menjualnya-lebih-mahal.html

Majid, 1 September 2021. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jateng/baca-artikel/13981/Protokol-Kesehatan-5M-dan-Kesehatan-Imun-untuk-Hadapi-Varian-Baru-Covid-19.html

Abdurohim, D. (2020). Strategi Pengembangan Kelembagaan UMKM. 10 April 2021.https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Pengembangan_Kelembagaan_UMKM_B/sdIJEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=abdurohim&printsec=frontcover.

Bank Indonesia. Prodi Ekonomi Islam FEB UNPAD. (2016). 01 Oktober 2021 https://id1lib.org/book/16665975/9f540b

Fauzia, I. Y. (2013). Etika Bisnis dalam Islam. 6 April 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Etika_Bisnis_dalam_Islam/hF4CEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=fauzia+etika+bisnis&printsec=frontcover.

Kurniawan, A. W., Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. 23 April 2021. https://id1lib.org/book/5686381/2da729.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. https://id1lib.org/book/11486335/238e53. 23 April 2021.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. 23 April 2021. https://id1lib.org/book/11482505/c6b024.

Siyoto, S. & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. 2 April 2021 https://id1lib.org/book/5686377/494b68..

Subagiyo, R. (2017). Metode Penelitian Ekonomi Islam: Konsep dan Penerapan. 17 April 2021. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7300/.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. 17 April 2021 https://id1lib.org/book/5686376/9d6534.

Tarigan, A. A. (2016). Dasar-dasar Etika Bisnis Islam. 25 Juli 2020. http://febi.uinsu.ac.id/download/837326_6_ebook%20etika%20bisnis%20islam%20by%20Azhari%20Akmal%20Tarigan.compressed.pdf.

Zamzam, H. F., Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. https://www.google.co.id/books/edition/Etika_Bisnis_Islam_Seni_Berbisnis_Keberk/obfpDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=etika+bisnis+islam+zam+zam&printsec=frontcover 8 April 2021.

Anggraini, I. Pengaruh Etika Bisnis Islam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Pasar Rukoh Banda Aceh. Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2018

Anggraini, S. A. Peran Etika Bisnis Islam Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pangan di Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor, 2016

Auliya, A. N. Strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetaan Dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro di Kabupaten Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Institut Agama Islam Negeri Ponotogo, 2021

Bulan, T.B. Konseling Kelompok Berbasis Nilai-nilai Islami Untuk Meningkatkan Tingkat Kejujuran Para Murid-Murid TPQ Al-Hidayah Kota Blitar. 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/robust.v1i2.3612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Wahid Mongkito, Muhaidirwanti Sutra, Agus Prio Utomo, Mahfudz Mahfudz, Nurjannah Nurjannah, Dewi Santri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Robust: Research of Business and Economics Studies, Indexed In

free web
stats
View Robust Stats

Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

pafimemet.org

dajjal.us

dajjal.shop

dutasukses.com

sinikangenwin.com