Determinan Profit Distribution Management Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2012 – 2017

Arlita Aristianingsih Jufra, Lestari Daswan, Mirwan Hamid

Abstract


Profit Distribution Management penting untuk dilakukan oleh manajer bank syariah karena deposan akan selalu memperhatikan tingkat bagi hasil yang diterimanya. Apabila tingkat bagi hasil yang diterima oleh deposan rendah dibandingkan bank konvensional maka tingkat kepuasan deposan juga akan menurun sehingga penting untuk dilakukannya PDM tersebut. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk meneliti mengenai profit distribution mangement baik dalam negeri maupun luar negeri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi Profit Distribution Managemet. Faktor-faktor yang menjadi variabel independen dari penelitian ini yaitu Capital Adequacy Management, Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional, Proporsi Dana Pihak Ketiga, Net Operating Margin dan Ukuran Perusahaan pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di BI periode triwulan I tahun 2012 sampai dengan periode triwulan II tahun 2017. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder yang bersifat historis yaitu laporan keuangan triwulanan yang telah diterbitkan oleh bank yang bersangkutan selama 2012-2017 dari periode triwulan I tahun 2012 sampai periode triwulan II tahun 2017. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui website Bank Indonesia, website dari Bank Syariah yang menjadi sampel dan website Badan Pusat  Statistik. Untuk mengetahui hubungan antara variabel yaitu menggunakan pengujian regresi serta pengaruh antar variabel atau dalam hal ini kinerja keuangannya dengan menggunakan pengujian korelasi Korelasi Pearson, dilakukan pula secara kuantitatif yaitu dengan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio dan PDPK,  berpengaruh positif signifikan terhadap Profit Distribution Management. Sementara itu, BOPO berpengaruh negative signifikan, NOM berpengaruh negative dan tidak signifikan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profit Distrbution Management.   


Keywords


Bank Syariah, BOPO, CAR, Net Operating Margin, Profit Distribution Management, Ukuran Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Aisiyah, Sinta. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bagi Hasil pada Bank Syariah Mandiri. Skripsi S1. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Andriyanti, Ani dan Wasilah. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Bank Muamalat Indonesia. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Azmy, M. Showman. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Bagi Hasil Simpanan Mudharabah pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Chapra, Muhammad U. 1984. The Nature of Riba in Islam Hamdard Islamicus, Vol. 7 (1). The Journal of Islamic Economic and Finance Vol. 2 No. 1. Bangladesh.

Chairi, A., dan Ghozali, I. 2007. Teori Akuntansi. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.

Farook, Sayd et all. 2012. Profit Distribution Management by Islamic Banks : An Empirical Investigation. The Quarterly Review of Economics and Finance. University of Melbourne. Australia.

Fontaine, Charle., et all. 2006. The Stakeholder Theory.

Freeman, R. Edward., 2001. Stakeholder Theory of the Modern Corporation. Perspectives In Business Ethics Sie, Volume 3, p. 144.

Haque, Ziaul. 1995. Riba : The Moral Economy of Usury, Interest and Profit. S. Abdul Majeed And Co. Kuala Lumpur.

Hidayat, Eko Wahyu., 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profit Distribution Management pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2011 – 2015. Skripsi. Universitas Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Hermanu, Khairyl Dery. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profit Distribution

Management pada Bank Syariah di Indonesiap Periode 2010 – 2014. Naskah Publikasi. Universitas Muhammdiyah. Surakarta.

http://agustianto.wordpress.com/2008/01/03/sepuluh-pilar-pengembagan-bank-syariah/

http://bi.go.id/id/perbankan-syariah

Mulyo, Panggah Gagat. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profit Distribution

Management pada Bank Syariah di Indonesia Peride 2008 – 2011. Skripsi. Universitas Dipenogoro. Semarang.

Kartika, Bella Septyana dan Adityawarman. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profit Distribution Managemen: Studi Empiris Bank Umum Syariah di Indonesia Periode

– 2011. Dipenogoro Journal Of Accounting Tahun 2012. Universitas Dipenogoro. Semarang.

Masruroh, Wiwin Fitriani. 2016. Analisis Profit Distribution Management (PDM) Bank Syariah di Indonesia Periode 2010 – 2014. Skripsi. Universitas Jember. Jember.

Mulyo, Panggah Gagat dan Siti Mutmainnah. 2014. Determinan Profit Distribution Management Bank Syariah di Indonesia Periode 2008 – 2011. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Islam IMANENSI Volume 1 Hal. 1-74. Malang

Mulyo, Panggah Gagat. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profit Distribution Management pada Bank Syariah di Indonesia Peride 2008 – 2011. Skripsi. Universitas Dipenogoro. Semarang.

Prasetya, Frendy. 2011. Analisis Pengaruh Diferensiasi, Promosi ddan Positioning terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sepeda Motor Merek Honda di Semarang). Skripsi. Universitas Dipenogoro. Semarang.

Puasani, Ariva. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaann, Konsentrasi Kepemilikan, Komisaris Independen, dan Leverage terhadap Tingkat Pengungkapan Modal Intelektual. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Wati, Merdeka Reggi. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profit Distribution Management pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2012 – 2014. Jurnal Indonesia Banking School. Jakarta.

Rosly, S. 1999. Al-Bay’ Bithaman Ajil Financing: Impacts of Islamic Banking Performance. Thunderbird International Business Review 41, 461 – 480.

Karim, Adimarwan dan Afif. 2005. Islamic Banking Behaviour in Indonesia: a Qualitative Approach.

Karim, Adimarwan. 2004. Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan, ed 2. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Khairunnisa, Delta. 2002. Preferensi Masyarakat terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia dan BNI Syariah). Makalah Simposium Nasional. UPP AMP YKPN Yogyakarta.

Mawardi, Nasrah. 2005. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Return Bagi Hasil Deposito MudharabahMuthlaqah. Tesis. Universitas Indonesia. Jakarta.

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. UPP AMP YPKN. Yogyakarta.

Obaidullah, Mohammed. 2005. Islamic Financial Services. Islamic Economics Research Center King Abdul Aziz University. Jeddah.

Perwaatmaja, Karnaen dan Syafi’i. 1992. Apa dan Bagaimana Bank Islam. Dhana Baki Wakaf. Yogyakarta.

Rahman, Dahlan A. 2004. Analisa Faktor Internal terhadap Distribusi Bagi Hasil Bank Syariah. Tesis. Univeristas Dipenogoro. Semarang.

Sundarajan, V. 2005. Risk Measurement and Disclosure in Islamic Finance and the Implication Of Profit Sharing Investment Account.

Vustany, Rovi Octaviano. 2006. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemberian Bagi Hasil Nasabah. Tesis. Universita Indonesia. Jakarta.

Wati, Merdeka Reggi. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profit Distribution Management pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2012 – 2014. Jurnal Indonesia Banking School. Jakarta.

Yaya et all. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah: Teoori dan Praktik Kontmporer. Salemba Empat. Jakarta.

Yuliany, Lia. 2014. Pengaruh Financing To Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (Studi Empiris Pada Bank Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2008 – 2012). Skripsi. Universitas Widyatama. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/robust.v1i2.3613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arlita Aristianingsih Jufra, Lestari Daswan, Mirwan Hamid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Robust: Research of Business and Economics Studies, Indexed In

free web
stats
View Robust Stats

Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

pafimemet.org

dajjal.us

dajjal.shop

dutasukses.com

sinikangenwin.com