Prespektif Ekonomi Islam: Saluran, Kendala Dan Pendapatan Dalam Tata Niaga Udang Vanname
Abstract
Abstract
This research aims to analyze the shrimp supply chain in Muara Lapao-Pao Village, Wolo District, Kolaka Regency, with a focus on the challenges faced and the income levels of shrimp farmers from the perspective of Islamic economics. Using a qualitative approach and field research methods, this study identifies three main marketing channels involving shrimp farmers, traders, collectors, retailers, and consumers. The research findings indicate that the vannamei shrimp farming industry in this area has seen a steady increase in income over the years, providing livelihoods for the local community and applying Islamic marketing principles such as unity, permissibility, justice, free will, and willingness, with a focus on benefit and customer satisfaction.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran tata niaga udang di Desa Muara Lapao-Pao, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, dengan fokus pada kendala-kendala yang dihadapi dan tingkat pendapatan petambak dalam perspektif ekonomi Islam. Melalui pendekatan kualitatif dan metode penelitian lapangan, penelitian ini mengidentifikasi tiga saluran pemasaran utama yang melibatkan petambak, pedagang, pengumpul, pengecer, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tambak udang vanname di daerah ini mengalami peningkatan pendapatan dari tahun ke tahun, memberikan mata pencaharian bagi masyarakat setempat, dan menerapkan prinsip-prinsip pemasaran Islam seperti kesatuan, kebolehan, keadilan, kehendak bebas, dan kerelaan dengan fokus pada kemaslahatan dan kepuasan pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.
Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2017). Konsep pemasaran agribisnis: pendekatan ekonomi dan manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 5(2), 151–172.
Husain Insawan, Adzil Arsyi Sabana, A. W. M. (2021). mikro ekonomi islam (Tsuweba (ed.)). CV. Nakomu. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=mikro+ekonomi+islam&oq=mikro+ekonomi+isl
Kotler, P. (1997). Gary Armstrong. Principles of Marketing, 250.
Mardiasmo, M. B. A., & others. (2021). Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah: Edisi Terbaru. Penerbit Andi.
Muchtar, E. H. (2018). Konsep Hukum Bisnis Syariah Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah [2] Ayat 168-169 (Kajian Tematis Mencari Rezeki Halal). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 156–170.
Mulu, B., & Saleh, L. (2017). Peran Wanita Tani Atap Rumbia dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga dalam perkspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Kabupaten Konawe). Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol. 2(1), 114–135.
Rahmitasari, D. E. (2018). Teknik Pengelolaan Induk Udang Vaname (Litopenaeus Vanamei bonne). Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://link.springer.com
Sabana, A. A., & Kalsum, U. (2020). Analisis Implementasi Prinsip Bisnis Ala Rasullulah Oleh Groceries Stall Di Pasar Sentral Kota Kendari. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 129. https://doi.org/10.31332/lifalah.v5i1.1959
Sukirno, S. (2013). Mikroekonomi teori pengantar.
Supito, D. A. (2019). No Title. BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU JEPARA, 2. https://kkp.go.id/djpb/bbpbapjepara/kategori/2-Artikel
Suprapti, N. H. (2008). Kandungan chromium pada perairan, sedimen dan kerang darah (Anadara granosa) di wilayah pantai sekitar muara sungai Sayung desa Morosari kabupaten Demak, Jawa Tengah. Bioma: Berkala Ilmiah Biologi, 10(2), 36–40.
Yasin, M., & Azis, A. (2022). BUDIDAYA UDANG BERWAWASAN LINGKUNGAN BERBASIS RELIGI ( REKAYASA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PETAMBAK UDANG TRADISIONAL DI KABUPATEN PARIGI MOUTONG ) Shrimp Cultivation With An Environmental Perspective Based On Religion ( Technological Enginee. 1(2), 68–78.
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/robust.v3i1.5379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Adzil Arsyi Sabana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Robust: Research of Business and Economics Studies, Indexed In
View Robust Stats
Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]