Analisis Pengaruh Labelisasi Halal dan Promosi terhadap Harga dan Minat Beli Kosmetik di Kota Kendari

Dewi Santri, Miftah Miftah

Abstract


Abstract

The public's interest in using cosmetics has been on the rise, coinciding with the increasing number of beauty products manufacturers offer. Several factors influence the intention to purchase cosmetics, including the quality and price of the products. Halal labeling should be one of the significant factors influencing the purchasing decisions of beauty products for the Muslim population in Indonesia. This study aims to determine the impact of halal labeling and promotion's impact on consumers' prices and purchasing intention for cosmetic products in Kendari. The study's population comprises consumers shopping at Beauty Kendari, with a sample size of 100. Data analysis was conducted using Structural Equation Modeling (SEM) through the AMOS program. The research findings show that halal labeling significantly affects the price of cosmetic products at Beauty Kendari. Promotion also significantly impacts the price of cosmetic products at Beauty Kendari. Price significantly influences the purchasing intention of cosmetic products at Beauty Kendari. Halal labeling does not directly affect the consumers' intention to purchase cosmetics, but it exerts an indirect influence through the price as a mediating variable. Promotion significantly impacts purchasing intention directly and indirectly through the price as a mediating variable.

Abstrak

Minat masyarakat terhadap penggunaan kosmetik mekin meningkat seiring dengan banyaknya produk kecantikan yang ditawarkan oleh para produsen. Terdapat beberapa faktor yang memepengaruhi minat beli kosmetik diantaranya mutu kosmetik dan harga. Labelisasi halal seharusnya menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh atas keputusan pembelian sebuah produk kecantikan oleh masyarakat muslim Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal dan promosi terhadap harga dan minat beli konsumen pada produk kosmetik di Kendari. Populasi dalam penelitian ini konsumen yang berbelanja di Beauty Kendari dan sampel yang digunakan sebanyak 100. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling) atau model persamaan struktural dengan  program AMOS. Hasil penelitian labelisasi halal berpengaruh signifikan terhadap harga produk kosmetik di Beauty Kendari. Promosi berpengaruh signifikan terhadap harga produk kosmetik di Beauty Kendari. Harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada produk kosmetik di Beauty Kendari. Labelisasi halal secara langsung tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen kosmetik akan tetapi memiliki pengaruh yang tidak langsung dengan harga sebagai variabel perantara. Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli baik secar alangusng maupun secara tidak langusng dengan harga sebagai variabel perantara.

Keywords


Labelisasi Halal, Promosi, Harga, Minat Beli, SEM

Full Text:

PDF

References


Aini, A. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Layanan dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Kosmetik Wardah di Salatiga). IAIN Salatiga.

Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran (Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Agusta, R. P., & Dewi, C. K. (2010). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Widjie Coffee). E-Proceeding of Management, 6(3), 6266.

Amalia, A. (2019). Analisis pengaruh labelisasi halal, kualitas layanan dan promosi terhadap minat beli konsumen. IAIN Salatiga.

Aminuddin. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Pizza Hut Kota Medan). Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 5(2), 36. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JRAM/article/view/756

Angga, A., & Endang, P. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Journal of Pembangunan Jaya University, 3, 49–56.

Burhanuddin. (2011). Strategi Genius Marketing ala Rasulullah. DIVA Press.

Hendra, S. (2017). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen (Studi Pada Pt. Samudranesia Tour And Travel Pekanbaru). 4(1). https://www.neliti.com/publications/115994/pengaruh-harga-dan-promosi-terhadap-minat-konsumen-studi-pada-pt-samudranesia-to

Ibrahim, F., & Adinugraha, H. H. (2020). Persepsi Konsumen Non-Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Halal. Li Falah Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 150–170.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Indeks.

Kumalasari, R. (2019). Pengaruh Harga dan Label Halal terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Al-Wahida Indonesia (HPAI) (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Muhammad, A. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi dan Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Mie Samyang di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

NurjaNugraha, R., M, K. M., & Aniesa, S. B. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean MuslimFederation di KOta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(5), 113–120.

Nurjannah, Toar, A., Mulu, B., Imran, & Navri, M. R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial dan Pembiayaan Bank Umum Syariah dalam Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari. Robust-Research Business and Economic Studies, 1(2), 105–122.

Putra, T. W., Possumah, B. T., Aqbar, K., & Mongkito, A. W. (2021). Halal Food in Muslim Minority Area of North Toraja Regency Muslim Tourist. Jurnal Iqtisaduna, 7(2), 177–187.

Razak, I. (2016). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Pelanggan Idihome di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Krisnadwipayana, 4(2).

Rohamah, S. (2022). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim dengan Religiusitas sebagai Variabl Moderating pada Produk Kosmetik di Kota Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Rombe, Y. M., & Afifuddin, S. (2012). Pengaruh Pencantuman Label Halal pada Kemasan Mie Instan Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Al-Washliyah, Medan). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(1).

Sacadikira, E. H., & Tresnati, R. (2018). Pengaruh Promosi enualan Tethadap mInat Beli Konsumen pada Distro Screamous Bandung. ISSN: 2560-6554, 4(2).

Sahir, S. H., Ramadhani, A., & Tarigan, E. D. S. (2017). Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 32–43.

Satria, A. A. (2017). "Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A- 36. FORMA Jurnal Manajemen Dan Star-Up Bisnis, 2(1).

Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. ANDI.

Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuisioner & Analisis Data untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Graha Ilmu.

Swastha, B. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedelapan Cetakan Kedelapan. Liberty.

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2019). Pengaruh Hrga, Citra Merek dan Kalitas Terhadap Minat Beli Produk Label. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 87–96.

www.halalmui.org. (2021). Prosedur Sertifikasi Halal MUI. https://halalmui.org/mui14/main/page/prosedur-sertifikasi-halal-mui




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/robust.v3i1.6077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Santri, Miftah Miftah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Robust: Research of Business and Economics Studies, Indexed In

free web
stats
View Robust Stats

Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

pafimemet.org

dajjal.us

dajjal.shop

dutasukses.com

sinikangenwin.com