Pengaruh Kompetensi Profesional Terhadap Motivasi Kerja Guru Honorer TK Se Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh kompetensi professional terhadap motivasi kerjaguru honorer TK se Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket (Kuesioner).Populasi dalam penelitian ini adalah guru honorer yang ada di Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari sebanyak 30 orang guru.Teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh dimana semua populasi digunakan sebagai sampel yang terdiri dari 30 orang guru honorer.Teknik analisis data untuk menjawab permasalahan pada hipotesis penelitian ini adalah analis SEM berbasis Partial Least Square (PLS).hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien jalur kompetensi profesional terhadap motivasi kerja sebesar 0,571 dengan nilai sebesar 4,232 artinya thit > ttab1,96. Semua indikator pada variabel kompetensi profesional dan variabel motivasi kerja memiliki nilai lebih besar dari nilai ttab1,96. Dengan Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional memiliki pengaruh terhadap motivasi kerja.
Kata kunci : Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja, PLS
Full Text:
PDFReferences
Adnan Hakim. 2015. Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science (IJES) Volume 4 Issue 2 , 3.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ates, H., Yildiz, B., & Yildiz, H. 2012. Can Herzberg's Two Factor Theory Explain the Motivation Perceptions of Teachers in Public Schools? An Empirical Research, Knowledge Economy and Management Magazine, VII(II), 147-162
Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode penelitian kuantitatif (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dwi Puji Lestari dan Budi Sutrisno. 2015. Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sma Sragen Kota . Artikel Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. h.8
Endang Mulyaningsih. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung:Alfabeta. h. 34-3
Eko Putro Widyoko. 2008. Analisis Pengaruh Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa .Penelitian tidak diterbitkan. h.3
Feralys Novauli, M. 2015. Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Vol,3.
Ghenghesh, Pauline. 2013. “Job Satisfaction and Motivation – What Makes Teachers Tick?”British Journal of Education, Society & Behavioural Science.Vol. 3(4).page 456-466.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cet .IV , (Badan Penerbit Universitas Diponegoro. h. 267
H. Muhammad Arifin. 2014. The Influence of Competence, Motivation, and Organisational Culture to High School Teacher Job Satisfaction and Performance. Canadian Center of Science and Education.
Haniatin Nabila. 2016. ISSN: 2528-617X. Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. 1986. Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta : Gunung Agung. h. 344.
Jafaruddin.2015. Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar.Intelektualita Volume 1 No. 3, 63
JasonA.Colquitt.JefferyA.Lepine.MichaelJ.Wesson.2011.OrganizationalBehavior.New York.McGraw-Hill Companies,Inc.
Karweti E. 2010. Influence managerial ability of principals and factors affecting the motivation work on the performance of special-ed teacher in the district Subang. [Journal] Educational Research. Vol. 11 No. 2
Kasmawati.2015. Pengaruh Guru Profesional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto.Auladuna, vol. 2 no. 1 juni: 42-64
Kasmawati dan Masriani Adilla.2018. Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Profesional.Jurnal Idaarah, Vol.2, No.1
Maria LUT, Dina. 2012. “Connection Between Job Motivation, Job Satisfaction and Work Performance in Romanian Trade Enterprises”. Economics and Applied Informatics. Years XVIII-No.3.ISSN 1584-0409.page 45-50.
Maulinar. 2015. Kompetensi Guru Dalam Memotivasi Siswa Dalam proses Pembelajaran Pada SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unsiyah Vol 3 No 1, 142-157.
Moh.Kasiram. 2010.Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Cet.I Yogyakarta: UIN Maliki Press. h. 269
Mohamad Syarif Sumantri & Prayuningtyas Angger Whardani. 2017. Relationship between Motivation to Achieve and Professional Competence in the Performance of Elementary School Teachers. International Education Studies; Vol. 10, No. 7; 2017 ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039.
Rika Anggela. 2015. Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar. Jurnal Edukasi, Vol.13, No.1
Simamora. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UPPAMP YKPN, h. 333.
Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan. 2011. Generasi Baru Mengolah Data Penelitian Dengan Partial Least Square Path Modeling. Jakarta: Salemba Infotek.
Tecer, O. 2011. The Effect of Teachers' Internal Motivation Job Satisfaction Levels of School Supervisors Made by Primary Education Inspectors, Unpublished Master's Thesis, Ahi University Social Science
Titin Eka Ardiana. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun.Jurnal Akuntansi Dan Pajak, Vol. 17, no. 02,- 14. ISSN : 1412-629X
Yavuz, C., & Karadeniz, C. B. 2009.The Effect of Classroom Teacher Motivation on Job Satisfaction, International Social Research Journal, 2, 9.
Zamharil Yahya dan Fitri Hidayati. 2017. Analisis Kompetensi Terhadap Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus Dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Jurnal Penelitian sosial keagamaan, Vol.17, No.1
Zimnyaya, I. A. 2004. Key competencies as effectively targeted basis of competence approach in education. Author's version. Moscow: Research center of quality problems of specialists training.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.