Berbagai Aspek Kepemimpinan Kepala Sekolah
Abstract
Sekolah merupakan sebuah sistem yang meliputi guru, peserta didik, tenaga kependidikan, sarana prasarana, dan lingkungan sosial. Komponnen-komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan bersama. Secara faktual, tidak jarang ditemukan komponen-komponen sekolah berjalan secara sektoral, seakan terpisahkan dari yang lain. Peran kepala sekolah sangat strategis dalam merekatkan komponen-komponen sekolah, demi pencapaian tujuan sekolah. Kemampuan kepala sekolah dalam mengelola pelanggan internal maupun eksternal menunjukkan tanggungjawab sosial yang tinggi, sekaligus upaya perbaikan mutu lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Mutu, Tanggung Jawab Sosial
Abstract
School is a system that includes teachers, students, education staff, infrastructure, and social environment. These components constitute a unified whole in the framework of achieving common goals. Factually, it is not uncommon to find school components running sectorally, as if they were separated from the others. The role of the school principal is very strategic in attaching school components to achieving school goals. The ability of principals to manage internal and external customers shows high social responsibility, as well as efforts to improve the quality of educational institutions.
Keywords: Leadership, Quality, Social Responsibility
Full Text:
PDFReferences
Ainscow, Mel, Tony Booth, and Alan Dyson. Improving schools, developing inclusion. Routledge, 2006.
Andang, M. Pd. "Manajemen &Kepemimpinan Kepala Sekolah." (2013).
Bafadal, Manajemen Perlengkapan Sekolah (Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Daryanto, Administrasi Pendidikan (Cet. VIII; Jakarta: Rineka Cipta, 2014)
Euis, Karwati, and Donni Juni Priansa. "Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu." (2013).
Hidayanto, Ferry Dwi, “ Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo” , Skripsi (Yogyakarta: Fak. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2011)
Kemendiknas, 2007.Peraturan Manteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Kepala Sekolah.Jakarta Kementerian Pendidikan Nasional.
Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Purwantoro, Anas, “Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa MTSN Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, skripsi, (Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008)
Sari, Novi Mega. "KONSEP PEMBENTUKAN KARAKTER: STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN STEPHEN R. COVEY DAN KH. IMAM ZARKASYI." PhD diss., UIN Sunan Ampel Surabaya, 2013.
Sim, Quah Cheng. "Instructional leadership among principals of secondary schools in Malaysia." Educational Research 2, no. 12 (2011)
Tondok, Marselius Sampe, and Rita Andarika. "Hubungan antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional dengan kepuasan kerja karyawan." Psyche 1, no. 1 (2004)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.