Shautut Tarbiyah - IAIN Kendari

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
  • Announcements
  • Publication Ethic
  • Indexing and Abstracting
Home > Vol 17, No 1 (2011) > Alifuddin
Journal Help
User
Language
Font Size

Information
  • For Readers
  • For Authors
  • For Librarians
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals

PENDIDIKAN BERBASIS : MULTIKULTUR : IKHTIAR MEMPERKOKOH ARAS INTEGRASI

Muhammad Alifuddin

Abstract

Multikulturalisme menunjuk pada suatu kenyataan, bahwa tidak
seorangpun yang dapat hidup dalam sebuah budaya saja. Dengan
demikian, tuntutan terhadap hubungan antar manusia, etnik, budaya
dan agama yang dibangun atas dasar kasih, saling percaya dan rasa
saling memahami antara satu dan yang lainnya menjadi niscaya.
Mengingat prinsip keragamaan atau prinsip etnisitas pada masingmasing
kelompok, akan mudah menimbulkan percikan-percikan
konflik lantaran adanya beberapa perbedaan yang prinsipil dari
masing-masing kelompok yang hidup di tengah masyarakat, maka
multikulturalisme sejatinya dikemas dalam ranah pendidikan.
Pengejawantahan nilai-nilai multikultur melalui jalur pendidikan
baik formal maupun informal dipandang efektif mengingat nilai
tersebut terkait erat dengan problem sikap dan mental, maka tak
ayal lagi pendidikan terlebih khusus pendidikan agama akan
menjadi sangat strategis dalam upaya memperkuat aras integrasi di
tengah ancaman maraknya gerakan radikalisme. Pembumian
wawasan multikultur lewat jalur pendidikan merupakan ikhtiar suci
untuk melatih dan membangun iman dan logika siswa agar mampu
bersikap demokratis, humanis dan pluralis dalam merespon segala
keadaan dan situasi yang terjadi lingkungan dimana mereka
berinteraksi.
Kata Kunci : Pendiddikan, multikultur, integritas

 Full Text:

PDF
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/str.v17i1.136 Copyright (c) 2015 Shautut Tarbiyah

Image result for garuda garba rujukan digital

ISSN : 2579-9754 (Online)

ISSN :  1411-2612 (Print)

QUICK MENU

CONTACT

EDITORIAL TEAM

JOURNAL HISTORY

FOCUS AND SCOPE

AUTHOR GUIDELINES

PUBLICATION ETHICS

PEER REVIEW PROCESS

ONLINE SUBMISSION

COPYRIGHT NOTICE

AUTHOR FEES

Image result for mendeley

 

Open Journal Systems

Flag Counter

INDEX SITE :