Desain Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament
Abstract
Profesionalisme guru tidak hanya ditunjukkan dalam bukti-bukti formal seperti kepemilikan sertifikat pendidik. Lebih penting lagi adalah pengamalan secara substantif terkait tugas-tugas profesi keguruan. Tuntutan ini menyebabkan guru tidak lagi dapat bertahan pada zona nyaman, hanya menyelenggarakan rutinitas pembelajaran. Pencarian secara terus-menerus terkait pendekatan dan teknik pembelajaran mesti dilakukan, dengan menelusuri literatur-literatur terbaru, juga perkembangan terkini dalam praktik pembelajaran, sehingga dapat menjadi inspirasi terhadap perbaikan pembelajaran di sekolah masing-masing. Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu ikhtiar untuk menciptakan tradisi akademik yang baik bagi guru, disamping budaya membaca juga tradisi menulis ilmiah. Sebelum mempratikkan jenis penelitian tindakan, maka guru secara konseptual harus memiliki pemahaman tentang desain penelitian tindakan. Kemampuan menciptakan desain pembelajaran berbasis penelitian tindakan menjadi tanda bahwa guru memiliki kesiapan untuk melakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran. Dalam desain pembelajaran menggambarkan alas pikir perlunya tindakan dilakukan, pemahaman terhadap fakta-fakta di kelas, memetakan domain-domain penyelidikan, dan menetapkan strategi pembelajaran yang tepat. Desain juga mensyaratkan penjelasan teknis tentang praktik pembelajaran, mulai dari jenis penelitian, subjek yang diteliti, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan siklus yang harus dilewati selama pemberian tindakan.
Kata Kunci: Desain Penelitian, Pembelajaran Kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin. Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. 2010
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar. Jakarta : Pt. Rineka Cipta. 2011.
Fathurrohman, Muhammad. "Model-Model Pembelajaran." Universitas Negeri Yogyakarta. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Retrieved from (2015).
Kontekstual, Pendekatan. "Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual." Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2019)
Kiswoyowati, Amin. "Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa." Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia 2, no. 1 (2011)
Nasional, Departemen Pendidikan. "Sistem pendidikan nasional." Jakarta (ID): Depdiknas (2003)
Purnamasari, Yanti. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya." PhD diss., Universitas Terbuka, 2013.
Ratna Yudhawati dan dany haryanto. Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya. 2011
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching. Ciputat : Quantum Teaching. 2007.
Sanjaya, DR H. Wina. Penelitian tindakan kelas. Prenada Media, 2016.
Saputra, Fendy, Siti Roudlotul Hikamah, and Minahur Rohman. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Dengan Media Kokami Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi." Jurnal Bioshell 2, no. 1 (2013).
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada. 2009
Slavin, Robert E. "Cooperative learning." Review of educational research 50, no. 2 (1980)
Solihah, Ai. "Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika." SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1, no. 1 (2016)
Sudarsana, I. Ketut. "Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: policies, practices, and programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia)." Jurnal Penjaminan Mutu 2, no. 2 (2016)
Suprihatin, Siti. "Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa." Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3, no. 1 (2015)
Agus Susilo H. Teams Games Tournament (online) (http://aguseducated.wordpress.com, diakses 17 November 2012)
Wibawa, Basuki. "Penelitian Tindakan Kelas." Jakarta: Dirjen Dikdasmen (2003).
Widayati, Ani. "Penelitian tindakan kelas." Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6, no. 1 (2008)
Winataputra, Udin Saripudin, Refny Delfi, Paulina Pannen, and Dina Mustafa. "Teori belajar dan pembelajaran." (2014)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.