Shautut Tarbiyah - IAIN Kendari

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
  • Announcements
  • Publication Ethic
  • Indexing and Abstracting
Home > Vol 25, No 2 (2019) > Soeharno
Journal Help
User
Language
Font Size

Information
  • For Readers
  • For Authors
  • For Librarians
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals

Organisasi Pembelajar dan Manajemen Pengetahuan

Soeharno Soeharno, Anco Anco

Abstract

Pengelolaan lembaga kontemporer dihadapkan pada isu-isu global, tidak lagi pada isu-isu lokal, apalagi sektoral. Konservatisme dalam mengelola organisasi harus rela ditinggalkan kemudian beralih pada praktik berorganisasi yang lebih fleksibel. Tidak ada yang tidak berubah, melainkan perubahan itu sendiri. Slogan ini menjadi lonceng bagi organisasi untuk tidak berada pada posisi stagnan, tetapi harus terus bergerak mengikuti arus perubahan. Teknologi big bang telah merubah wajah dunia dalam hitungan yang sangat cepat, bahkan oleh lembaga-lembaga yang low respons, dianggap sebagai kejadian yang tidak terkirakan. Namun demikian, beberapa lembaga menganggap peristiwa tersebut sebagai sesuatu yang positif sehingga menjadi momentum untuk belajar, bahkan belajar secara berkelanjutan. Dibutuhkan pemimpin yang terbuka, memimpin proses pembelajaran organisasi, sehingga seluruh level organisasi mengalami pemerataan pengetahuan. Dengan demikian, organisasi memiliki kesiapan untuk menghadapi segala kondisi. Tidak hanya mengandalkan pemberian pengetahuan, tetapi juga menciptkan iklim yang mendorong seluruh anggota organsasi untuk terus-menerus mengembangkan pengetahuan dan melakukan inovasi. Organisasi akhirnya memiliki tumpukan pengetahuan sebagai bahan mentah yang dapat dikelola untuk menghasilkan pengetahuan baru. Secara internal, pengetahuan yang dimiliki organisasi akan membantu dalam mempertahankan eksistensi organisasi, meramalkan kejadian-kejadian di masa mendatang, menyiapkan langkah-langkah antisipatif.

 Full Text:

PDF

References

Achua, C. F., & Lussier, R. N. (2013). Effective leadership. South-Western Cengage Learning.

Ambarwati, S. D. A. (2003). Mengelola perubahan organisasional: Isu peran kepemimpinan transformasional dan organisasi pembelajaran dalam konteks perubahan. Jurnal Fakultas Hukum UII, 2(8).

Ciptagustina, A. (2014). Pengaruh Manajemen Pengetahuan Melalui Knowledge Worker Terhadap Efektivitas Organisasi Program Studi S1 Di Universitas Pendidikan Indonesia. Image: Jurnal Riset Manajemen, 3(1).

Haryati, E. (2014). Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Pada Pegawai Politeknik LP3i Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Ismail, D. H. (2017). Strategi Mewujudkan Suatu Organisasi Pembelajar. Jurnal Lentera Bisnis, 5(1), 9-30.

Lisdiantini, N. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Kewirausahaan terhadap Motivasi Karyawan dan Dampaknya pada Peningkatan Kinerja Organisasi (Studi Pada PT Industri Kereta Api/INKA Madiun). Widya Warta, 37(02).

Maguni, W. (2014). Manajemen Organisasi Pembelajaran dan Kepemimpinan. Al-Ta'dib, 7(1), 131-148.

Manullang, M. (2013). Pengaruh Pengetahuan Organisasi, Motivasi Berprestasi, Pengambilan Keputusan, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Studi Pada Smp Kota Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Marlikan, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Organisasi dan Motivasi kerja terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Syariah. Manajemen Bisnis, 1(1), 57-64.

Maulana, A. (2015). Manajemen Strategik

Muljani, N. (2004). Kompensasi sebagai motivator untuk meningkatkan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 108-122.

Munir, N. S. (2011). Penerapan Manajemen Pengetahuan di Perusahaan di Indonesia. PPM Manajemen.

Mundir, A. (2016). Pemimpin Profesional Madrasah. Fikrotuna, 4(2).

Nasution, M. K. (2013). Teknologi pengetahuan. Dies Fasilkom-TI USU.

Pawitra, T. (1994). Patok Duga (Benchmarking): Kiat Belajar Dari yang Terbaik. Manajemen and Usahawan Indonesia, 23(1).

Purhantara, W. (2012). Menciptakan organisasi yang kreatif. Jurnal Economia, 8(2), 153-163.

Purwanto, A. J. (2007). Kajian Learning Organization pada Organisasi Publik. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 3(1), 1-9.

Raharso, S., & Amalia, S. (2011). Tim dan organisasi pembelajar. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).

Sugiyarti, G. (2015). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Industry Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang). Serat Acitya, 4(2), 110.

Suryana, A. (2010). Kepemimpinan Pendidikan.

Syahrul, S. (2013). Penelitian sebagai Instrumen Perbaikan Kualitas Kinerja Organisasi Pendidikan secara Berkelanjutan (Continuous Improvement). Al-Ta'dib, 6(1), 150-163.

Syahrul, S. (2016). Readines Frame: Analisis Kerangka Kesiapan dalam Transformasi Pendidikan Tinggi (Pengalaman Iain Kendari). Al-Ta'dib, 9(1), 162-181.

Syahrul, S. (2017). Perencanaan Strategis dan Praktiknya di Perguruan Tinggi. Shautut Tarbiyah, 23(1), 142-159.

Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-Ta'dib, 8(1), 82-100.

Tjahjadi, B. (2011). Hubungan sistem manajemen risiko dengan ketidakpastian lingkungan dan strategi serta dampaknya terhadap kinerja organisasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA)| Journal of Economics and Business Airlangga, 21(2).

Trang, D. S. (2013). Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Wardani, A. K. (2018). Dormansi Organisasi Di Era Globalisasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(3), 28-35

DOI: http://dx.doi.org/10.31332/str.v25i2.1536 Copyright (c) 2019 Shautut Tarbiyah Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Image result for garuda garba rujukan digital

ISSN : 2579-9754 (Online)

ISSN :  1411-2612 (Print)

QUICK MENU

CONTACT

EDITORIAL TEAM

JOURNAL HISTORY

FOCUS AND SCOPE

AUTHOR GUIDELINES

PUBLICATION ETHICS

PEER REVIEW PROCESS

ONLINE SUBMISSION

COPYRIGHT NOTICE

AUTHOR FEES

Image result for mendeley

 

Open Journal Systems

Flag Counter

INDEX SITE :