Dinamika Pengembangan Sekolah Islam: Studi pada Yayasan Pendidikan Islam Al-Mu'minin Kendari
Abstract
Artikel ini bertujuan memberikan gambaran tentang : 1) visi pendirian Yayasan Pendidikan Islam Al-Mu'minin Kendari; 2) praktik pembelajaran di Yayasan Pendidikan Islam Al-Mu'minin Kendari; 3) Kesiapan guru dalam penyelenggaraan pembelajaran di Yayasan Pendidikan Islam Al-Mu'minin Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dimana data diperoleh melalui proses pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visi pendirian Yayasan Pendidikan Islam Al-Mu'minin Kendari didasarkan pada keinginan besar untuk memberikan sumbangan kepada masyarakat Islam di Kota Kendari melalui jenjang pendidikan dasar. Karenanya praktik pembelajaran yang dilakukan untuk mendekatkan kebutuhan dasar dalam pengetahuan keagamaan anak, secara konsep dan penerapannya secara seimbang. Meskipun demikian, sebagai sekolah swasta dan masih dalam tahap berkembang, kesiapan guru masih menjadi pekerjaan rumah yang masih kendala dalam pembelajaran. Tulisan ini merekomendasikan perlunya penelitian lanjutan tentang kesiapan guru pada sekolah-sekolah Islam rintisan.
Kata Kunci: Pengembangan Sekolah Islam, Pengelolaan
Full Text:
PDFReferences
Anco, A. (2017). Budaya Organisasi dan Pengambilan Keputusan. Shautut Tarbiyah, 23(1), 1-18
Arifin, S. (2014). Kemitraan Sekolah-Masyarakat sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sampang, Jawa Timur. Jurnal Humanity, 8(1).
Awlawi, Y. (2017). Kontribusi KH. Muhammad Syafi'i Hadzami Dalam Pendidikan Islam (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246
Chandra, A. A. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Pada Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang Jasmin.
Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 109-126.
Mardiyah, M. (2012). Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi di Pondok Modern Gontor, Lirboyo Kediri, dan Pesantren T ebuireng Jombang. TSAQAFAH, 8(1), 67-104
Miles, M. H., & Huberman, A. A. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills.
Mukhtar, M., & Akbar, M. (2019, December). Kiai's Leadership in Managing Human Resources. In 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019). Atlantis Press.
Sastriyani, S. (2018). Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital (Studi di MTsN Wawotobi, Kabupaten Konawe). Shautut Tarbiyah, 24(1), 145-162.
Syahrul, S. (2013). Penelitian sebagai Instrumen Perbaikan Kualitas Kinerja Organisasi Pendidikan secara Berkelanjutan (Continuous Improvement). Al-Ta'dib, 6(1), 150-163
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-Ta'dib, 8(1), 82-100.
Syahrul, S. (2016). Readines Frame: Analisis Kerangka Kesiapan dalam Transformasi Pendidikan Tinggi (Pengalaman Iain Kendari). Al-Ta'dib, 9(1), 162-181.
Syahrul, S. (2017). Perencanaan Strategis dan Praktiknya di Perguruan Tinggi. Shautut Tarbiyah, 23(1), 142-159.
Syahrul, S. (2018). Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan: Menggali Spirit PM Gontor 7 Putera, Sulawesi Tenggara. Shautut Tarbiyah, 24(2), 334-360.
Triani, N. (2016). Kepemimpinan Kiai dalam Merintis dan Mengembangkan Pondok Pesantren Sabilurrosyad Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Usman, N. (2014). Wakaf Produktif Sebagai Alternatif Sumber Dana Abadi Bagi Lembaga Pendidikan Islam. Artikel Universitas Muhammadiyah Magelang, tt.
Yaqien, N. (2012). Membangun Kepercayaan Masyarakat Pada Madrasah Melalui Pameren Pendidikan. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.