Pengelolaan Tenaga Pendidik pada Lembaga Pendidikan Nonformal Bidang Keagamaan Islam
Abstract
Artikel ini bertujuan menggambarkan pengelolaan tenaga pendidik pada lembaga pendidikan nonformal bidang keagamaan Islam, yang meliputi lima aspek kajian yaitu: 1) Perencanaan tenaga pendidik; 2) Pengorganisasian tenaga pendidik; 3) Pengarahan tenaga pendidik; 4) Pengembangan tenaga pendidik; dan 5) Pemberhentian tenaga pendidik. Penelitian ini dilakukan di TPQ Nurul Fitri Kendari melalui pendekatan kualitatif dengan metode naratif. Penelitian ini menemukan: pertama, perencanaan yang dilakukan melalui analisis faktor kebutuhan sumber daya pendidik kemudian menentukan kebutuhan sumber daya pendidik, perencanaan juga dilakukan pada rapat awal tahun di mana di dalamnya membahas hal-hal yang perlu dibenahi yaitu materi pembelajaran, sarana dan prasarana dan ujian santri. Kedua, Pengorganisasian dengan membagi setiap tenaga pendidik untuk bertanggungjawan terhadap level/kelas masing-masing sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan memberikan tugas tambahan kepada guru untuk menduduki jabatan sebagai sekertaris dan bendahara. Ketiga, Pengarahan yang dilakukan oleh pimpinan mengacu pada dua aspek yaitu kedisiplinan dan tanggungjawab tenaga pendidik. Keempat, Pengembangan dilakukan melalui rotasi jabatan dan peembelajaran secara berkelompok yang melibatkan semua guru-guru TPQ. Kelima, Pemberhentian tenaga pendidik di dasari oleh kemauan dari guru itu sendiri dengan faktor yang berbeda-beda.
Abstract
This article aims to describe the management of teaching staff in non-formal educational institutions in the Islamic religious sector, which includes five aspects of study, namely: 1) Planning for educators; 2) Organizing of educators; 3) Direction of educators; 4) Development of educators; and 5) Termination of educators. This research was conducted at TPQ Nurul Fitri Kendari through a qualitative approach with a narrative method. This study found: first, planning is carried out through the analysis of the factor of teacher resource needs, then determining the need for educators, planning is also carried out at the initial meeting of the year where it discusses things that need to be addressed, namely learning materials, facilities and infrastructure and examinations. Students. Second, Organizing by dividing each teaching staff to be responsible for their respective levels / classes according to their quality and giving additional assignments to teachers to occupy positions as secretary and treasurer. Third, the direction carried out by the leadership refers to two aspects, namely the discipline and responsibility of the teaching staff. Fourth, development is carried out through job rotation and group learning that involves all TPQ teachers. Fifth, dismissal of teaching staff is based on the willingness of the teachers themselves with different factors.
Keywords: Management, Educators, NonFormal Education, TPQ
Full Text:
PDFReferences
Akilah, F. (2017). Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia di Bidang Pendidikan: Manifestasi dan Implementasi. Jurnal Kependidikan, Vol. 11 No. 1 Juni, 81-94.
Almasri, M. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Implementasi dalam Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 19, No. 2 Juli-Desember.
Aminullah, A. (2017). Pengaruh Penerapan Manajemen Mutu Terhadap Kualitas Sumberdaya Pendidik TPQ Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 50-65.
Arifin, N. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori dan Kasus. Jepara: UNISNU PRESS.
Azis, D. K. (2015). Profesionalisme Guru TPQ Baitul Jannah. JPA, Vol. 16 No. 1 Januari-Juni, 17.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Traingulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 10, No. 1 , 46-62.
Bachtiar. (2016). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Publikasi Pendidikan.
Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Barthos, B. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (Suatu Pendekatan Makro). Jakarta: Bumi Aksara.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, F. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. SKRIPSI, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 4.
Ekawati, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT. Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol. 3, No. 2 Desember.
Elbadiansyah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: CV IRDH.
Faisal, S. (2001). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Erlangga.
Farikhin, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Pembelajaran Al-Qur'an (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur'an Yasinat Jember). Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 184-225.
Fattah, N. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadijaya, Y. (2012). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Hamalik, O. (2001). Pendidikan Guru: Konsep dan Strategi. Bandung: CV Mandar Maju.
Handoko, T. H. (2012). Manajemen. Yogyakarta: Grafindo.
Harahap, A. (2019). Manajemen Tenaga Pendidik di MTs Darul Falah Langgapayun Kabupaten Labhan Batu Selatan. Jurnal Ecobisma, Vol. 6 No. 1 Januari, 33.
Hasibuan, M. S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, H. (2018). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Pendidik (Ustad) Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember. Jurnal All-Ta'dib Vol. 11, No. 1 Januari-Juni, 1.
Imam, G. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Kadarisma, M. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.
Karno, E., & Syahrul. (2020). Management of Educators in Private Schools in Indonesia. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 6(4), 608-612.
Kemenag, S. (2007). Retrieved from htttp://sultra.kemenag.go.id/file/dokumen.PP.NO.55.Tahun.2007.pdf.hlm.10
Kusuma, Y. (2018). Model-Model Perkembangan Pembelajaran BTQ di TPQ/TPQ di Indonesia. J-PAI Vol. 5 No. 1 Juli-Desember.
Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV Budi Utama.
M. Rusni Eka Putra, d. (2018). Manajemen Tenaga Pendidik SDIT Mutiara Cendekia Lubuklinggu. Journal of Administration and Educational Management (ALIGMENT) Vol. 1 No. 1 Juni, 41-42.
Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang. Dimas Vol. 13 No. 2 , 388.
Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Idlam (Studi kasus peneglolaan Madrasah Ibtidaiyah Muta'allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, Vol. 14 No. 1.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative data analysis. Jakarta: UI Press.
Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muflihin, M. H. (2016). Manajemen Disiplin Kerja: Perspektif Tenaga Pendidik dan Kependidikan. LENTERA PENDIDIKAN, Vol. 19 No. 1 Juni.
Munawaroh, I. M. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Jurnal An Nur, Vol. VI No. 2 Desember, 203-225.
Muniroh, J. (2017). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manjemen Pendidikan Vol. 5 No. 2 September, 161.
Noor, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Pendidik di Madrasah Aliyah Al Hikmah 1 Benda Sirampong Brebes. Tesis, IAIN Purwokerto, 71.
Novia N Anwari, d. (2019). Pengorganisasian Tenaga di Usaha Kovensi Adiguna Bordie Kota Bengkulu. Journal of Lifelong Learning Vol. 2 No. 2 70-74 Desember, 2.
Nurohmawati, F. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia di MTs Se Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. SKRIPSI, IAIN Purwokerto, 1.
Prastowo, H. (2014). Pengelolaan Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 1 Ringin Larik Boyolali. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 10.
Rajaloa, N. I., & Hasim, R. (2016). Manajemen Perencanaan dan Rekrutmen Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternate. EDUKASI-Jurnal Pendidikan Vol. 16 No.1 Januari, 11-28.
Rosita, D. (2017). Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Jurusan Kebidanan Polteknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Pontianak. Skripsi, Universitas Tanjungpura, 8.
Rustam Hasim, N. I. (2017). Manajemen Sumberdaya Manusia Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano, Vol. 8 No. 2 Edisi November, 126.
S, U. (2014). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Al Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam Vol. V, No. 1.
Saichu, K. F. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) melalui penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonana, Badegan, Ponorogo. Qalamuna, Vol. 10 No. 2 Juli-Desember.
Samsirin. (2015). Konsep Manajemen Pengawasan dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta'dib, Vol. 10, No. 2 Desember.
Sanjani, M. A. (2018). Peningkatan Manajemen Sumber Daya Tenaga Pendidik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol. 6 No. 2 Juni, 18.
Sari, N. Y. (2018). Pentingnya Etika dan Profesionalsme Pendidik dalam Perkembangan Moral Peserta Didik. Jurnal Studi Islam dan Sosial, Vol. 11, No.2.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sofyandi, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Stoner, J. A. (1996). Manajemen. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RD. Bandung: Alfabeta.
Suparno, W. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 9 No. 2 Agustus, 954-955.
Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Suwatno, d. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Syaharuddin, d. (2018). Peningkatan Manajemen Tata Kelola dan Metode Baca Tulis Al-Qur'an Guru dan Santri Kelompok TPQ di Lombok Tengah NTB. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Vol. 1 No. 1 Agustus, 11.
Syahrul & Nurmayanti. (2019). Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Muhammadiyah Kendari. Shautut Tarbiyah Volume 25, Nomor 2, 267-268.
Triwiyanto, N. U. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Upe, A. (2012). Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Tesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 20.
Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Waidiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Jurnal Humaniora, Vol. 18 No. 2 September, 229.
Yacoeb. (2013). Konsep Manajemen dalam Perspektif Al-Qur'an: Suatu analisis dalam bidang administrasi pendidikan. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol XIV, No. 01 Agustus.
Yasaratodo. (2008). Upaya Optimalisasi Kinerja Tenaga Edukatif di Perguruan Tinggi. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol. 5 No. 1 Juni.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.