Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an Hadis Ditinjau Dari Self-Efficacy
Abstract
Artikel ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar hadis ditinjau dari Self-Efficacy siswa kelas XI MIA Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan posttest design. Data postest ditabulasi dan dianalisis dengan melakukan analisis deskriptif data dan dianalisis secara inferensial. Uji asumsi yang harus dipenuhi dalam analisis statistik parametrik yang diperlukan sebagai dasar dalam pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dalam peneleitian ini adalah sebagai berikut. 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar Hadis ditinjau dari Self-efficacy siswa kelas XI MIA Sekolah Madrasah Aliyah Pesantren Ummusabri Kendari. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar Hadis ditinjau dari Self-efficacy tinggi siswa kelas XI MIA Sekolah Madrasah Aliyah Pesantren Ummusabri Kendari. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar Hadis ditinjau dari Self-efficacy sedang siswa kelas XI MIA Sekolah Madrasah Aliyah Pesantren Ummusabri Kendari. 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar Hadis ditinjau dari Self-efficacy rendah siswa kelas XI MIA Sekolah Madrasah Aliyah Pesantren Ummusabri Kendari.
Kata Kunci: Model TSTS, Hasil Belajar, Self-Efficacy
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, S. A. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PROGRAM PREZI PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Bandura, A. 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freedman and Company.
Burhanuddin, N. (2016). Akar Dan Motif Fundamentalisme Islam:Reformulasi Tipologi Fundamentalisme Dan Prospeknya Di Indonesia. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, Vol. 1, No. 2 , 100-118.
Departemen Agama RI (2013). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000291 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab .
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instrucisional. Boston: Pearson.
Engko, C. (2008). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja individual dengan self esteem dan self efficacy sebagai variabel intervening. Jurnal bisnis dan akuntansi, 10(1), 1-12.
Fitriyah, N. I. (2012). Efektivitas Kooperatif Two Stay-Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 1(2).
Huang, Xianhan., Lee, John Chi-Kin,. dan Xiaoping Yang, (2019). “What Really Counts? Investigating the Effects of Creative Role Identity and Self-efficacy on Teachers’ Attitudes Towards the Implementation of Teaching for Creativity,”. Teaching and Teacher Education, 84 (2019), h. 57. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.04.017 (Diakses 8 Agusutus 2019)
Indrawati, Y. (2014). Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Perawat RS Siloam Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 2(4).
Juli Widyastuti, R. (2013). Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal BK Unesa, 3(1).
Kumape, S. (2015). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa tentang IPA di Kelas VI SD Inpres Palupi. Jurnal Kreatif Online, 4(4).
Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).
Merikayana, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Pada Materi Hari Kiamat Di Kelas Xii Sekolah Menengah Atas (SMA) Nurul Iman Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
Morris,. (2013). The Sources and Maintenance of Professional Golfers ' Self-Effiacy Beliefs'. Jurnal The Sport Psychologist ,130-142.
Nurhasanah, N. (2019). Penerapan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dengan metode Number Head Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa: Penelitian quasi eksperimen siswa kelas VII E dan VII F pada pembelajaran PAI di SMPN 56 Bandung Kecamatan Panyileukan Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Kostagiolas, Petros., Lavranos, Charilaos., dan Korfiatis, Nikolaos. (2019). Learning Analytics: Survey Data for Measuring the Impact of Study Satisfaction on Students' Academic Self-Efficacy and performance,”Data in Brief, 25 ( 2019): h. 6. https://doi.org/10.1016/j.dib.2019.104051.
RIZKI NOVIAWATI, D. I. A. N. (2016). Pengaruh self efficacy terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel intervening (studi pada karyawan divisi finance dan human resources pt. coca-cola distribution indonesia, surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3).
Poetri, M., & Bahruddin, E. (2019). Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTS Al-Muasyarah Bogor. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 686-697.
Qomariyah, I. (2010). Studi Komparasi Tentang Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray Dengan Pembelajaran Konvensional Dalam Keterampilan Berargumentasi Siswa Pada Pembelajaran Pai Di Sma Al-Muniroh Ujungpangkah Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
RIZKI NOVIAWATI, D. I. A. N. (2016). Pengaruh self efficacy terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel intervening (studi pada karyawan divisi finance dan human resources pt. coca-cola distribution indonesia, surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3).
Schunk, Dale S. (2012). Learning Theories, an Educational Perspective. Boston: Pearson.
Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(02).
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Cet. XXI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 22.
Santrock, John W. (2011). Educational Psychology. New York: Mc Graw Hill Edactional, 436.
Tohirin. (2014). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 151.
Wade, C dan Tavris, C. 2007. Psikologi. Jakarta: Erlangga, 34.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.