Strategi Pengembangan dalam Pengelolaan Madrasah
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan dalam pengelolaan madrasah, di mana aspek-aspek yang dikaji adalah: 1) bagaimana visi pengembangan MAN Insan Cendekia Kendari; 2) bagaimana proses pengelolaan MAN Insan Cendekia Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode naratif, dimana data penelitian diceritakan berdasarkan urutan peristiwa pada situasi social. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: Pertama, Pengembangan MAN Insan Cendekia mengarah pada terwujudnya sumberdaya manusia yang handal, secara fisik dan psikis, sehinga memiliki kesiapan dalam mengarungi kehidupan nyata di masyarakat secara luas. Kedua, proses pengelolaan MAN Insan Cendekia Kendari merupakan implementasi fungsi manajemen yang meliputi: 1) Perencanaan, yang dilakukan pada rapat kerja awal tahun terkait dengan program kegiatan. 2) Pengorganisasian, dalam bentuk struktur organisasi, dimana kepala madrasah membawahi lima wakil kepala madasah dan empat pembina asrama. 3) Pelaksanaan kegiatan, yaitu menggerakkan seluruh sumber daya sekolah untuk melaksanakan rencana-rencana madrasah. 4) Pengawasan oleh kepala madrasah, wakil kepala bidang keasramaan dan pembina asrama, guru piket dan guru asuh. 5) Evaluasi dilakukan secara bulanan dan tahunan, untuk mengetahui kesesuaian rencana dengan pelaksanaan. Implikasi studi ini adalah perlunya penelitian lebih lanjut tentang strategi menciptakan keunggulan bersaing di MAN Insan Cendekia Kendari.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Pengelolaan Madrasah
Full Text:
PDFReferences
Akilah, F. (2017). Manajemen Perencanaan Sumber Dayya Manusia di Bidang Pendidikan: Manifestasi dan Implementasi. Journal Kependidikan,Vol. 11 No. 1, Juni , 81-94.
Almasari, M. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Implementasi Dalam Penndidikan Islam. Vol. 12, No. 2 Juli-Desember , 134.
Amaliyah, T. (204). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Bimbingan Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arotah Kaliwungu Kendal. DISS,UIN Walisongo .
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Baiturrahman, B. (2019). Analisis Kebijakan Kementerian Agama Tentang Pengembangan Madrasah (Kasus MAN Insan Cendekia) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Deliasari, A., & Kurnianingsih, I. (2017). Analisis Kebutuhan Topik Pembelajaran Literasi Informasi Online Pada Perpustakaan Sekolah MAN Insan Cendekia. Edulib, 7(2).
Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartin, H. (2020). Human Resources Oriented: Kerangka Strategis Pengembangan MAN Insan Cendekia Kendari. Shautut Tarbiyah, 26(1), 50-68.
Hidayati, U. (2019). Inovasi Madrasah Melalui Penyelenggaraan Madrasah Riset. Edukasi, 17(3), 294679.
Husaini, U. (2013). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasali, R. (2019). Disruption" Tak ada yang tak bisa diubah sebelum dihadapi motvasi saja tidak cukup".
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Mubarok, A. (2018). Strategi Peningkatan Pembelajaran Melalui Manajemen Boarding School. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No.2, Juni , 244.
Nanus, B., & Dobbs, S. M. (1999). Leaders who make a difference: Essential strategies for meeting the nonprofit challenge.
Nurdin, A. (2016). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Information and Communication Technology. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 49-64.
Robbins, S. P., & Judge, T. (2012). Essentials of organizational behavior.
Sastramayani, S., & Badarwan, B. (2019). Kepemimpinan Krisis dalam Pengelolaan Sekolah. Shautut Tarbiyah, 25(2), 181-201.
Siregar, E. &. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ggraha Inndonesia.
Solong, N. P., Munirah, M., & Arif, M. (2020). Effective School Management At Man Insan Cendekia Gorontalo. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(1), 22-32.
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 82-100.
Syahrul, S. (2015). Mengelola Perguruan Tinggi dalam Iklim Ketidakpastian (Memahami Dinamika Perencanaan Strategis di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 10(1), 143-160.
Syahrul, S. (2016). Readines Frame: Analisis Kerangka Kesiapan dalam Transformasi Pendidikan Tinggi (Pengalaman Iain Kendari). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 162-181.
Syahrul, S., Alim, N., Pairin, P., & Nur, J. (2019). Utilization of management information systems in managerial supervision at IAIN Kendari. International Journal of Recent Technology and Engineering (TM), 8(1C2), 392-392.
Syahrul, S. (2019). Invisible Competition: Pergulatan Membangun Keunggulan dalam Bingkai Tradisi di Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe, Sulawesi Tenggara.
Torang, S. (2014). Organisasi dan Manjemen. Bandung: Alfabeta.
Apud, A. (2018). Manajemen mutu pendidikan man insan cendekia. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 171-190.
Yacoeb. (2013). Konsep Manajemen Dalam Perspektif Al-Qur'an: Suatu Analisis Dalam Bidang Administrasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. XIV, No. 01, Agustus .
Yaqin, N. (2015). Makna Manajemen Bagi Pembangunan Pesantren Nurul Yaqin. Jurnal Studi Islam, Vol. 2, No. 2, Juni , 124-130.
Zaenal, R. M. (2018). Manajemen Boarding School Dalam Peningkatan Belajar Siswa. Jurnal SPs UNINUS. Vo. 1, No. 1 September , 80.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.