Madrasah Principal Management: Efforts to Improve Teacher Performance at Private Madrasah (Manajemen Kepala Madrasah : Usaha Meningkatkan Kinerja Guru pada Madrasah Swasta)
Abstract
This article aims to describe the management of madarsah principals in improving teacher performance at Padangguni Private Madrasahs, Konawe Regency. This research is qualitative with a narrative approach. Collecting data through observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out by data reduction, display and data verification. Checking the validity of the data is done by extending observations, increasing persistence and triangulation. The results showed that in order to improve teacher performance, madrasah principals carried out several things including: 1) Performance planning, 2) Performance organization, 3) Performance implementation and 4) Performance evaluation. Through the management of the madrasah principal, teachers are increasingly improving their performance, such as 1) planning lessons, 2) implementing learning, 3) evaluating learning and 4) learning follow-up. This study concludes that teacher performance can be increased through the implementation of good madrasa principal management functions. It is recommended that a madrasa principal must have leadership in carrying out his duties.
Keywords: Management, Madrasah Principal, Performance
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kepala madarsah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Swasta Padangguni Kabupaten Konawe. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display dan verifikasi data. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja guru, kepala madrasah melaksanakan beberapa hal meliputi: 1) Perencanaan kinerja, 2) Pengorganisasian kinerja, 3) Pelaksanaan kinerja dan 4) Evaluasi kinerja. Melalui manajemen kepala madrasah tersebut guru semakin memperbaiki kinerjanya seperti 1) merencanakan pembelajaran, 2) melaksanakan pembelajaran, 3) evaluasi pembelajaran dan 4) tindak lanjut pembelajaran. Penelitian ini berkesimpulan bahwa Kinerja guru dapat meningkat melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen kepala madrasah yang baik. Direkomendasi seorang kepala madrasah harus memiliki leadership dalam melaksanakan tugasnya.
Kata Kunci: Manajemen, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Full Text:
PDFReferences
Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen Teori dan Aplikasi. AE Publishing.
Akib. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, dan Iklim Kerja Terhadap Prestasi Keja Guru Bahasa Inggris SMP Negeri Se-Kota Kendari Akib. Jurnal Al Ta’dib, 10(9), 27–44.
Andriansyah, R. (2016). Analisis Pelaksanaan Fungsi-fungsi Manejemen Untuk Meningkatkan Aksebilitas Penyandang Disabilitas [Pada Pilkada Serentak 2015 (Studi di Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung).
Arumsari, N. R. (2017). Penerapan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling di UPTD Dikpora Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi Bisnis Kontemporer, 3(2), 90–104.
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913/1423
Fahmi, S. A. (2018). PENINGKATAN MUTU GURU Oleh : INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
Farikhah, S. (2015). Lembaga pendidikan 2015. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1596/1/manajemen lembaga pendidikan book-2.pdf
Hadijaya, Y. (2019). Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/2scu3
Hasibuan, M. (2011). Dasar Pengertian dan Masalah. Bumi Aksara.
Khalimatus, S., & Eko Winarno, M. (2019). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj
Makmur, & Suparman. (2018). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Penerbit Aksara Timur.
Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spriritual Terhadap Iklim Sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.
Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490
Mia, & Prayoga. (2018). Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. 1(2), 1–008.
Muhammad dkk, K. (2017). Manajemen pendidikan. Deepublish.
Munir, A. (2008). Menjadi Kepala Madrasah Efektif. Ar-Ruzz Media.
Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa.
Rahardjo, M. (2018). Fenomenologi. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Satya Perdana, M., & Rohiat. (2019). Manajer Pendidikan. 13. https://doi.org/10.31227/osf.io/kzscy
Silalahi, U. (2011). Asas-Asas Manajemen. PT Refika Aditama.
Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359
Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika (Fungky (ed.)). Uwais Inspirasi Indoensia.
Suharsimi & Arikunto, & Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta.
Sunaengsih, C. (2017). Pengelolaan Pendidikan. UPI Sumedang Press.
Susanto, E. (2015). Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Baru. 9.
Syarifudin, A. (2004). Pengambilan Keputusan dalam Pendidikan. Grasindo.
Syukri, S. (2012). Peranan Kepemimpinan Kepala madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Nurul Ihsan Kabupaten Toli-toli Sulawesi Tengah. 66, 37–39.
Wahjosumidjo. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahan. PT Raja Grafindo Persada.
Yahya, Y. (2006). Pengantar Manajemen. Graha Ilmu.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.