Shautut Tarbiyah - IAIN Kendari

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
  • Announcements
  • Publication Ethic
  • Indexing and Abstracting
Home > Vol 28, No 1 (2022) > Akib
Journal Help
User
Language
Font Size

Information
  • For Readers
  • For Authors
  • For Librarians
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals

Flag Counter

Madrasah Principal Management: Efforts to Improve Teacher Performance at Private Madrasah (Manajemen Kepala Madrasah : Usaha Meningkatkan Kinerja Guru pada Madrasah Swasta)

Akib Akib, Salnawati Salnawati

Abstract

This article aims to describe the management of madarsah principals in improving teacher performance at Padangguni Private Madrasahs, Konawe Regency. This research is qualitative with a narrative approach. Collecting data through observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out by data reduction, display and data verification. Checking the validity of the data is done by extending observations, increasing persistence and triangulation. The results showed that in order to improve teacher performance, madrasah principals carried out several things including: 1) Performance planning, 2) Performance organization, 3) Performance implementation and 4) Performance evaluation. Through the management of the madrasah principal, teachers are increasingly improving their performance, such as 1) planning lessons, 2) implementing learning, 3) evaluating learning and 4) learning follow-up. This study concludes that teacher performance can be increased through the implementation of good madrasa principal management functions. It is recommended that a madrasa principal must have leadership in carrying out his duties.

Keywords: Management, Madrasah Principal, Performance


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kepala madarsah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Swasta Padangguni Kabupaten Konawe.  Penelitian ini bersifat kualitatif  dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan  reduksi data, display dan verifikasi data. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja   guru,  kepala madrasah melaksanakan beberapa hal  meliputi: 1)  Perencanaan kinerja,  2) Pengorganisasian kinerja,  3)  Pelaksanaan  kinerja dan  4) Evaluasi kinerja. Melalui  manajemen kepala madrasah tersebut  guru semakin memperbaiki kinerjanya seperti 1) merencanakan pembelajaran, 2) melaksanakan pembelajaran, 3) evaluasi pembelajaran dan 4) tindak lanjut pembelajaran. Penelitian ini berkesimpulan bahwa Kinerja guru dapat meningkat melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen kepala madrasah yang baik.  Direkomendasi seorang  kepala madrasah harus memiliki  leadership dalam melaksanakan tugasnya.

Kata Kunci: Manajemen, Kepala Madrasah, Kinerja Guru

 Full Text:

PDF

References

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen Teori dan Aplikasi. AE Publishing.

Akib. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, dan Iklim Kerja Terhadap Prestasi Keja Guru Bahasa Inggris SMP Negeri Se-Kota Kendari Akib. Jurnal Al Ta’dib, 10(9), 27–44.

Andriansyah, R. (2016). Analisis Pelaksanaan Fungsi-fungsi Manejemen Untuk Meningkatkan Aksebilitas Penyandang Disabilitas [Pada Pilkada Serentak 2015 (Studi di Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung).

Arumsari, N. R. (2017). Penerapan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling di UPTD Dikpora Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi Bisnis Kontemporer, 3(2), 90–104.

Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913/1423

Fahmi, S. A. (2018). PENINGKATAN MUTU GURU Oleh : INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

Farikhah, S. (2015). Lembaga pendidikan 2015. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1596/1/manajemen lembaga pendidikan book-2.pdf

Hadijaya, Y. (2019). Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/2scu3

Hasibuan, M. (2011). Dasar Pengertian dan Masalah. Bumi Aksara.

Khalimatus, S., & Eko Winarno, M. (2019). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj

Makmur, & Suparman. (2018). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Penerbit Aksara Timur.

Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spriritual Terhadap Iklim Sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490

Mia, & Prayoga. (2018). Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. 1(2), 1–008.

Muhammad dkk, K. (2017). Manajemen pendidikan. Deepublish.

Munir, A. (2008). Menjadi Kepala Madrasah Efektif. Ar-Ruzz Media.

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa.

Rahardjo, M. (2018). Fenomenologi. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Satya Perdana, M., & Rohiat. (2019). Manajer Pendidikan. 13. https://doi.org/10.31227/osf.io/kzscy

Silalahi, U. (2011). Asas-Asas Manajemen. PT Refika Aditama.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359

Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika (Fungky (ed.)). Uwais Inspirasi Indoensia.

Suharsimi & Arikunto, & Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta.

Sunaengsih, C. (2017). Pengelolaan Pendidikan. UPI Sumedang Press.

Susanto, E. (2015). Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Baru. 9.

Syarifudin, A. (2004). Pengambilan Keputusan dalam Pendidikan. Grasindo.

Syukri, S. (2012). Peranan Kepemimpinan Kepala madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Nurul Ihsan Kabupaten Toli-toli Sulawesi Tengah. 66, 37–39.

Wahjosumidjo. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahan. PT Raja Grafindo Persada.

Yahya, Y. (2006). Pengantar Manajemen. Graha Ilmu.

DOI: http://dx.doi.org/10.31332/str.v28i1.3129 Copyright (c) 2022 Akib Akib, Salnawati Salnawati Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Image result for garuda garba rujukan digital

ISSN : 2579-9754 (Online)

ISSN :  1411-2612 (Print)

QUICK MENU

CONTACT

EDITORIAL TEAM

JOURNAL HISTORY

FOCUS AND SCOPE

AUTHOR GUIDELINES

PUBLICATION ETHICS

PEER REVIEW PROCESS

ONLINE SUBMISSION

COPYRIGHT NOTICE

AUTHOR FEES

REVIEWERS

Image result for mendeley

 

Open Journal Systems

INDEX SITE :


Web Analytics Shautut Tarbiyah Stats