Improving PAI Learning Outcomes Through Peer Lesson Learning Strategies at SDN 92 Kendari
Abstract
This article aims to provide an overview of the use of peer lesson type active learning strategies to improve student PAI learning outcomes. The study was conducted in class VA SDN 92 Kendari using a classroom action research approach, carried out in two cycles, where each cycle consisted of 4 meetings. The results showed the low student learning outcomes in the pre-cycle phase. Giving action in cycle 1 and continued in cycle 2 showed a very significant increase in learning outcomes. So it can be concluded that PAI learning outcomes can be improved by using peer lesson learning strategies.
Keywords: Active Learning, Peer Lesson, Learning Outcomes
Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Strategi Pembelajaran Peer Lesson di SDN 92 Kendari
Abstrak
Artikel ini bertujuan memberikan gambaran tentang penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Penelitian dilakukan di kelas VA SDN 92 Kendari dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa pada fase pra siklus. Pemberian tindakan pada siklus 1 dan dilanjutkan pada siklus 2 menunjukkan peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PAI dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi pembelajarn peer lesson.
Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Peer Lesson, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, D., Dadi, S., & Hasnawati, H. (2014). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS VI SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).
Akbar, A. (2021). engaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Peer Lessons Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 001 Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.
Azis, P. A. (2016). Hubungan minat, motivasi belajar dan sikap dengan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 13 makassar. Journal of EST, 2(3), 144-151.
Aziszah, S. R. (2019). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSON TERHADAP MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDY QUASI EXPERIMENTAL) DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG.
Elly, R. (2016). Hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd negeri 10 banda aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).
Fitrio, T., Utami, S., Sobar, M. W. I., & Fitri, R. R. (2020). MENINGKATKAN SPIRITUALITAS, MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDRAGIRI (STIE-I) RENGAT. VALUES: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 59-62.
Haviz, M. (2020). Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.
Jannah, F. (2015). Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas. -, 1(1).
Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika, 10(01), 51-62.
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.
Laugi, S. (2019). Penerapan tata tertib sekolah untuk membangun disiplin siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Shautut Tarbiyah, 25(2), 239-258.
Laugi, S. (2020). Use of Websites in School Management: An Effort to Build School Readiness in the Era of 4.0. Shautut Tarbiyah, 26(2), 174-191.
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Lubis, R. U. (2019). Pengaruh Penggunaan Strategi Peer Lesson terhadap Kemampuan Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kaidah Kebahasaan Proposal Kegiatan oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(1), 122-129.
Maisarah, M. (2015). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEER LESSON DI KELAS V SD NEGERI 34 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. JURNAL TEMATIK, 5(01).
Mbeo, D., & Kuanine, M. H. (2020). Pengaruh Spiritualitas Terhadap Perilaku Belajar Siswa. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 91-103.
Miarso, Y. (2008). Peningkatan kualifikasi guru dalam perspektif teknologi pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 66-76.
Novitasari, R. (2021). Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI MIA 2 di SMAN 1 Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1).
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.
Nurjannah, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Mengenal Ketentuan Shalat dengan Menggunakan Strategi Peer Lesson pada Siswa Kelas IV SDN Malei Tojo. Jurnal Paedagogy, 7(2), 90-96.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341-361.
Purwaningsih, E. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI Smk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10).
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru (Professional development of teachers in improving the performance of teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93-101.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal pendidikan dasar, 6(1), 11-23.
Sabdah, S. (2019). Desain Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament. Shautut Tarbiyah, 25(1), 135-158.
Samrin, S. (2015). Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Shautut Tarbiyah, 21(1), 128-144.
Samrin, M. P. I., & Syahrul, S. P. I. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Deepublish.
Sholekhah, I. M. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(2).
Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).
Suketi, E. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas 6 Sd Negeri Tonjong 1 Kota Sukabumi. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 15-31.
Suprapto, E. (2015). Pengaruh model pembelajaran kontekstual, pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif. invotec, 11(1).
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 82-100.
Syahrul, S., Alim, N., Pairin, P., & Nur, J. (2019). Utilization of management information systems in managerial supervision at IAIN Kendari. International Journal of Recent Technology and Engineering (TM), 8(1C2), 392-392.
Syarifah, S. (2014). Peningkatan keterampilan membaca dan menulis melalui media flashcard dan metode peer lesson di kelas III MI Sambongsari Weleri Kendal tahun 2014 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Syofyan, H. (2018). Analisis gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76-85.
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18.
Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.
Yasmin, Z., & Santoso, B. (2019). Fasilitas belajar dan metode mengajar guru sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 134-140.
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.
Zakirochman, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ILMU TAJWID DENGAN METODE PEER LESSON PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM SARBINI GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019-2020.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.