Persepsi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Islam (Studi pada Masyarakat Tolaki di Kelurahan Bungguosu)
Abstract
Artikel ini bertujuan menggambarkan persepsi orang tua terhadap lembaga pendidikan Islam, yang mencakup tiga aspek yaitu: 1) sikap orang tua terhadap lembaga pendidikan Islam; 2) motivasi orang tua menyekolahkan anak pada lembaga pendidikan Islam; 3) harapan orang tua terhadap lembaga pendidikan Islam. Penelitian dilakukan para masyarakat Tolaki di Kelurahan Bungguosu, secara kualitatif dengan pendekatan naratif, dimana pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara bertahap, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam sangat beragam. Hal ini didasari oleh sikap, motivasi, dan harapan mereka pada lembaga pendidikan Islam. Rendahnya kepercayaan masyarakat pada lembaga pendidikan Islam adalah menunjukkan sikap mereka yang lebih menyukai lembaga pendidikan umum. Pemilihan lembaga pendidikan Islam masih didasari oleh faktor ekonomi, agama, dan keluarga. Harapan orang tua yang menyekolahkan anak pada lembaga pendidikan Islam lebih pada aspek religious, moral, dan pembentukan karakter. Oleh karenanya, orang tua memiliki kecenderungan lebih besar memilih sekolah umum. Implikasi dari kajian ini penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut : 1) perlunya adaptasi teknologi terbaru pada lembaga pendidikan Islam; 2) perbaikan praktik kepemimpinan pada lembaga pendidikan Islam; 3) memulai menerapkan perencanaan strategis pada lembaga pendidikan Islam; dan 4) peningkatan akreditas.
Kata Kunci: Persepsi, Madrasah, Pesantren, Sekolah Islam
Parents' Perception of Islamic Educational Institutions
(Study on the Tolaki Community in Bungguosu Village)
Abstract
This article aims to describe parents' perceptions of Islamic educational institutions, which includes three aspects, namely: 1) parents' attitudes towards Islamic educational institutions; 2) the motivation of parents to send their children to Islamic educational institutions; 3) parents' expectations of Islamic educational institutions. The research was conducted by the Tolaki community in Bungguosu Village, qualitatively with a narrative approach, where data collection used observation, interviews and documentation studies. Data analysis was carried out in stages, starting from data collection, data reduction, data presentation, to drawing conclusions. The results of the study show that public perceptions of Islamic educational institutions are very diverse. This is based on their attitudes, motivations, and expectations in Islamic educational institutions. The low level of public trust in Islamic educational institutions is an indication of the attitude of those who prefer public education institutions. The selection of Islamic educational institutions is still based on economic, religious, and family factors. The expectations of parents who send their children to Islamic educational institutions are more on religious, moral, and character building aspects. Therefore, parents have a greater tendency to choose public schools. The implication of this study is that the authors propose the following suggestions: 1) the need for adaptation of the latest technology in Islamic educational institutions; 2) improvement of leadership practices in Islamic educational institutions; 3) start implementing strategic planning in Islamic educational institutions; and 4) increase in accreditation.
Keywords: Perception, Madrasah, Pesantren, Islamic School
Full Text:
PDFReferences
Akib, A., Karno, E., Erdiyanti, E., Syahrul, S., Badarwan, B., & Murniati, M. (2020, April). The use of SIMPEG-based data mining techniques in measuring employee performance in Islamic higher education. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 830, No. 3, p. 032013). IOP Publishing.
Alim, N., Badarwan, B., & Syahrul, S. (2020). Edukasi Kepemimpinan Berbasis Tradisi Lokal pada Masyarakat Tolaki di Kabupaten Konawe. Shautut Tarbiyah, 26(1), 32-49.
Cheong, M., Yammarino, F. J., Dionne, S. D., Spain, S. M., & Tsai, C. Y. (2019). A review of the effectiveness of empowering leadership. The Leadership Quarterly, 30(1), 34-58.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Dedih, U., Zakiyah, Q. Y., & Melina, J. O. (2019). Perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah hubungannya dengan perilaku mereka di lingkungan sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 1-19.
Erdiyanti, E. (2018). Fenomena Orang Tua dalam Memilih Lembaga Pendidikan Islam (Studi Pada MIS Pesantren Ummushabri Kendari). Shautut Tarbiyah, 23(2), 15-34.
Fattah, N., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2009). Manajemen Sekolah Bertaraf Internasional. Jurnal Educationist, 3(1).
Hertelendy, A. J., McNulty, E., Mitchell, C., Gutberg, J., Lassar, W., Durneva, P., & Rapp, D. (2021). Crisis leadership: The new imperative for MBA curricula. The International Journal of Management Education, 19(3), 100534.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Konawe#:~:text=Berdasarkan%20data%20Kementerian%20Dalam%20Negeri%20tahun%202020%2C%20jumlah,jiwa%20%282%2C07%25%29%20dan%20Katolik%20sebanyak%201.117%20jiwa%20%280%2C43%25%29.
Isnaini, F., & Shobahiya, M. (2017). EKSPEKTASI DAN MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA).
Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 109-126.
Marham, S. (2016). Kepemimpinan Religio-Transformasional: Altruisme Kiai dalam Membangun Karakter dan Budaya Organisasi di PM Gontor VII Sulawesi Tenggara. Laporan Penelitin LPPM IAIN Kendari.
Melamba, B. (2013). Tolaki: sejarah, identitas, dan kebudayaan. Penerbit Lukita.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Nanus, B., & Dobbs, S. M. (1999). Leaders who make a difference: Essential strategies for meeting the nonprofit challenge.
Nasional, D. P. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Robbins, S. P. (1983). Organization theory: The structure and design of organizations. Prentice-Hall.
Sabdah, S., & Sastramayani, S. (2018). Menjaga Tradisi Islam Orang Tolaki melalui Pengenalan Al Qur'an pada Masyarakat di Kelurahan Bungguosu, Konawe. Shautut Tarbiyah, 24(1), 91-108.
Samrin, M. P. I., & Syahrul, S. P. I. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Deepublish.
Sastramayani, S., & Badarwan, B. (2019). Kepemimpinan Krisis dalam Pengelolaan Sekolah. Shautut Tarbiyah, 25(2), 181-201.
Sonaru, Yahya, Wawancara, Baruga, 2015.
Suryadi, S., & Syahrul, S. (2021). Determining the Direction of the Pesantren (Empowering Leadership Practice at PM Gontor 6 Putera, Southeast Sulawesi). Shautut Tarbiyah, 27(1), 59-76.
Syahrul, S. (2017). Tanggung Jawab Sosial Pesantren: Studi pada Pondok Pesantren Al Munawwarah Pondidaha, Konawe. Shautut Tarbiyah, 23(2), 120-134.
Syahrul, S. (2013). Penelitian sebagai Instrumen Perbaikan Kualitas Kinerja Organisasi Pendidikan secara Berkelanjutan (Continuous Improvement). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 150-163.
Syahrul, S., Alim, N., Pairin, P., & Nur, J. (2019). Utilization of management information systems in managerial supervision at IAIN Kendari. International Journal of Recent Technology and Engineering (TM), 8(1C2), 392-392.
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 82-100.
Syahrul, S., Karno, E., & Badarwan, B. (2017). Social Responsibility of University: Bridging Moslim Reality in Strategic Plan of IAIN Kendari, Southeast Celebes, Indonesia.
Syahrul, S. (2015). Mengelola Perguruan Tinggi dalam Iklim Ketidakpastian (Memahami Dinamika Perencanaan Strategis di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 10(1), 143-160.
Vitasari, H. N. (2017). Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak di Sekolah Berbasis Islam (Studi Kasus di Desa Singosari Mojosongo Boyolali) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.