Shautut Tarbiyah - IAIN Kendari

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
  • Announcements
  • Publication Ethic
  • Indexing and Abstracting
Home > Vol 28, No 1 (2022) > Firmansyah
Journal Help
User
Language
Font Size

Information
  • For Readers
  • For Authors
  • For Librarians
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals

Flag Counter

Multicultural-Based PAI Learning: Design and Framework for Teachers (Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural: Desain dan Kerangka Kerja Bagi Guru)

Firmansyah Firmansyah

Abstract

This article aims to provide a conceptual overview of: 1) the urgency of multicultural education, and 2) the design of multicultural-based PAI learning. The method used is literature review. The results of this study indicate that: 1) In accordance with the purpose of education itself which requires a change in behavior and attitudes as well as one's quality, teaching must take place in such a way that it does not just provide information or knowledge but must touch the heart, and encourage the desire of students to be able to make decisions to change, and practice it directly throughout life. man. 2) Taking the principle of lifelong education (long life education), Islamic religious education must also be able to animate at the deepest level of awareness in students.

Keywords: PAI Learning Design, Multicultural Education


Artikel ini bertujuan memberikan gambaran konseptual tentang : 1) urgensi pendidikan multicultural, dan 2) desain pembelajaran PAI berbasis multikultural. Metode yang digunakan adalah literature reviu. Hasil kajian kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Warga sekolah yang datang dari berbagai latar belakang menyebabkan pendidikan multikultur menjadi suatu keharusan. Sehingga upaya-upaya untuk melakukan penyeragaman dalam berbagai hal pada warga sekolah adalah tindakan yang tidak tepat. Kondisi juga menunjukkan bahwa pendidikan dan pembelajaran berbasis multikultur adalah kebutuhan di setiap sekolah, termasuk dalam ranah spesfik pada pembelajaran PAI. 2) diperlukan desain pembelajaran PAI yang relevan dengan semangat kemajemukan di sekolah. Sebagai implikasi dari kajian ini, penulis menyarankan pentingnya pembekalan wawasan multikultural bagi para guru PAI. Selanjutnya, diperlukan pelatihan tentang desain pembelajaran PAI berbasis multikultur bagi para guru PAI.

Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Pendidikan Multikultural

 Full Text:

PDF

References

Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1). https://doi.org/10.21831/civics.v13i1.11075

Asmaroini, P. A., & Utami, S. P. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Demokrasi Siswa Sma Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 79–84. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/138

Dwiyani, A., & Sari, E. S. (2021). Pembentukan Sikap Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural di SMAN 2 Mataram. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–11. Retrieved from http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/641

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

Hammy, K. (2016). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural. AL-MUTA’ALIYAH, 1(1), 26–52. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/1728

Ibrahim, R. (2008). Pendidikan Multikultural: Upaya Meminimalisir Konflik dalam Era Pluralitas Agama. El-Tarbawi, I(1), 115–127. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/article/view/192

Iskandar, R. (2018). Desain Pembelajaran Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar.

Kurniallah, N., & Suharti, S. (2016). Pendidikan Islam Berbasis Inklusif Dalam Kehidupan Multikultur. Jurnal Penelitian, 10(1), 201–232. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.868

Malla, H. A. B. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Humanistik dalam Membentuk Budaya Toleransi Peserta Didik Di SMA Negeri Model Madani Palu, Sulawesi Tengah. Inferensi, 11(1), 163–186. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.163-186

Mashuri, I. (2020). Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural dalam Rangka Toleransi Umat Beragama. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 4(2), 1–9. Retrieved from https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/view/661

Murzal, M. (2018). Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah (Studi Terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung Kec. Gerung Kab. Lombok Barat). KALAM: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 6(2), 44–67. Retrieved from http://www.lsamaaceh.com/journal/index.php/kalam/article/view/47

Mustonah, S. (2016). Implementasi Pendidikan Islam Berbasis Multikultural di Sekolah Menengah Pertama Kota Cilegon Banten. Tanzhim: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(1), 41–48. Retrieved from http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/31

Rahim, A., & Setiawan, A. (2020). Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Sikap Keberagamaan pada Masyarakat Perbatasan (Studi Multi Situs pada SMP, MTs, SMA dan MA di Muara Komam). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(2), 1378–1401. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3933

Rohman, A., & Ningsih, l Y. E. (2018). Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Multidisiplin 2018, 1(September), 44–50. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/261

Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550530

Sahnan, A. (2020). Sensitifitas Gender dalam Pembelajaran PAIBerbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah 01 Purwokerto. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender, Dan Anak, 15(1), 95–110. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.2019.pp

Samrin, S., & Syahrul, S. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Retrieved from https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-pengelolaan-pengajaran/

Syahrul, S. (2018). Perjumpaan Demokrasi, Multikulturalisme dan Inklusifisme Pendidikan di PM Gontor 7 Putera, Konawe Selatan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 163–180. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/view/926

Thaib, E. J., & Kango, A. (2020). Dakwah Dan Perdebatan Soal Pluralisme. Komunike, 12(1), 41–65. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2237

Yusuf, A. (2019). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural (Perspektif Psikologi Pembelajaran). AL MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 251–274.

DOI: http://dx.doi.org/10.31332/str.v28i1.3493 Copyright (c) 2022 Firmansyah Firmansyah Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Image result for garuda garba rujukan digital

ISSN : 2579-9754 (Online)

ISSN :  1411-2612 (Print)

QUICK MENU

CONTACT

EDITORIAL TEAM

JOURNAL HISTORY

FOCUS AND SCOPE

AUTHOR GUIDELINES

PUBLICATION ETHICS

PEER REVIEW PROCESS

ONLINE SUBMISSION

COPYRIGHT NOTICE

AUTHOR FEES

REVIEWERS

Image result for mendeley

 

Open Journal Systems

INDEX SITE :


Web Analytics Shautut Tarbiyah Stats