Keterampilan Analisis Data Statistika Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kendari
Abstract
Banyak mahasiswa yang belum terbiasa menggunakan data statistika
dan statistik pendidikan dalam belajar dan mengambil keputusan.
Kurikulum IAIN Kendari belum memperkenalkan mata kuliah
berbasis kuantitatif pada awal perkuliahan. Mata kuliah berbasis
kuantitatif akan diperkenalkan saat mahasiswa memasuki jenjang
semester IV, V dan VI. Mahasiswa masih sulit memahami dan
mengenal istilah-istilah yang digunakan dalam statistika dan statistik
pendidikan. Penjaringan dengan kuantitatif deskriptif dengan
menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa dalam
melakukan analisis data statistika dan statistik pendidikan yang masuk
dalam kategori sangat terampil (mahasiswa program studi PBA IV A
yaitu mencapai 62.5 %); yang masuk dalam kategori terampil
(mahasiswa program studi KI VI A sebesar 65 %); yang masuk
kategori cukup terampil (mahasiswa program studi KI VI A mencapai
30 %), yang masuk kategori kurang terampil (mahasiswa program
studi PBA IV A yaitu mencapai 12.5 %) dan mahasiswa yang masuk
dalam kategori tidak terampil (mahasiswa program studi PAI semester
IV rombel A, yaitu sebanyak 4.17 %).
Kata kunci : Kreativitas, keterampilan, Latihan Terbimbing