Peningkatan Kepuasan Kerja (Job Satisfaction) Pegawai Melalui Optimalisasi Pemberian Penghargaan (Reward)
Abstract
Artikel ini disusun dengan tujuan untuk mengkaji upaya peningkatan
kepuasan kerja pegawai melalui optimalisasi pemberian reward.
Kepuasan kerja secara umum menyangkut persepsi seseorang
mengenai pekerjaannya. Persepsi pegawai terhadap pekerjaan inilah
yang seharusnya menjadi perhatian bagi para pemimpin suatu lembaga
karena hal tersebut dapat berimplikasi terhadap berbagai variabel
penting lainnya terutama terkait dengan kemangkiran, kinerja OCB,
perpindahan, dan produktivitas pegawai. Oleh karena itu, diperlukan
upaya yang optimal agar mampu meningkatkan kepuasan kerja
pegawai. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan optimalisasi
pemberian reward bagi pegawai. Reward dalam artian bukanlah yang
dipahami secara umum yang hanya sebatas pengakuan baik secara
formal maupun tidak berupa pengakuan terhadap sesuatu yang telah
dicapai oleh pegawai, baik yang sesuai harapan maupun yang
melebihi harapan atau target pencapaian kinerja pegawai. Melainkan
reward yang sesuai dengan konsep para ahli manajemen, yaitu berupa
pemberian upah, promosi, bonus, serta jaminan sosial lainnya yang
sesuai dengan harapan pegawai berdasarkan pencapaian yang telah
diraih. Di dalam artikel ini ditemukan berbagai hal yang bisa
dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan pemberian reward dalam
meningkatkan kepuasan kerja pegawai.
Kata Kunci: Penghargaan (reward), kepuasan kerja (job satisfaction).