The Impact of Online Learning on Students: Experience in Islamic Universities (Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Mahasiswa: Pengalaman di Perguruan Tinggi Islam)
Abstract
The purpose of this study is to discuss the impact of the application of online learning on students. The type of research used is qualitative with a descriptive approach. Data collection techniques are through observation, interviews and documentation studies. Data analysis techniques are through data reduction, data presentation, data verification and drawing conclusions. The results of this study indicate: 1) The positive impacts of online learning are: being able to learn to relax carefully and with full awareness; All campus affairs can be done online; Students have a lot of free time to gather with their families; Students can use their time to study while working; Students can access course materials anytime and anywhere. 2) The negative impacts of online learning are: internet network access is not evenly distributed in every area; Smartphone and internet quota limitations; Less supportive learning media; Feeling bored with monotonous learning methods; Online learning causes eye pain and drowsiness; Poor knowledge transfer; Students are free to do as they please; Students lose the values taught by lecturers; Giving a subjective value; Deteriorating with various human interactions.
Kata Kunci: Online Learning, Student Freedom, Transfer of knowledge and values
Tujuan penelitian ini adalah membahas dampak yang ditimbulkan dari penerapan pembelajaran daring terhadap mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dampak positif pembelajaran daring adalah: dapat belajar santai dengan teliti dan penuh kesadaran; Segala urusan kampus dapat dikerjakan melalui online; Mahasiswa memiliki banyak waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga; Mahasiswa dapat memanfaatkan waktunya untuk kuliah sambil bekerja; Mahasiswa dapat mengakses materi kuliah kapanpun dan dimanapun. 2) Dampak negatif pembelajaran daring adalah: akses jaringan internet tidak merata pada setiap daerah; Keterbatasan smartphone dan kuota internet; Media pembelajaran yang kurang mendukung; Merasa bosan dengan metode pembelajaran yang monoton; Pembelajaran daring menyebabkan sakit mata dan merasa kantuk; Transfer ilmu yang kurang baik; Mahasiswa bebas berbuat sesuka hatinya; Mahasiswa kehilangan nilai-nilai yang diajarkan dosen; Pemberian nilai yang bersifat subjektif; Mengalami kemunduran dengan berbagai interaksi kemanusiaan.
Kata Kunci: Pembelajaran Online, Kebebasan Mahasiswa, Transfer Pengetahuan dan Nilai
Full Text:
PDFReferences
Andini, N. F. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Academia.Edu, 1–9.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Aziz, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma, 2(1), 14–20.
Bernard, H. R. (1988). Research Methods in Antropology; Qualitative and Quantitative (Third). California: Sage Publication.
Dewi, S. N. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi | Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS). Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 2020(12), 87–93. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/1919
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504
Samrin, S., & Syahrul, S. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Retrieved from https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-pengelolaan-pengajaran/
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif & RD. Bandung: Alfabeta.
Ustoyo, V. V. A., Sholikhah, M., & Zuhro, L. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Islam Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 261–271. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2725
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.